Update Instagram Terbaru: Hati-Hati Buat Kau Yang Suka Kepalsuan

22 views

Halah. Judulnya. *self-ngakak* Siap-siap! Instagram berbenah lagi! Dan update terbaru Instagram kali ini menyasar para pengguna yang suka memanipulasi.

Instagram–menurut pengamatan saya–memang paling heboh deh program bebenahnya. Kenapa? Entahlah. Saya juga nggak tahu. Hawong saya bukan pegawe Instagram. Ya kali. Saya juga cuma nebak-nebak, dan hasil membaca isu aja yang berseliweran di mana-mana.

Ndilalah, saya juga pegang beberapa akunnya orang. Makara mau nggak mau saya mesti tahu update apa saja yang dilakukan Instagram ini. Buat apa? Ya kan bila tahu mereka ngapain, saya juga jadi tahu mesti ngapain untuk mengantisipasi mereka ngapain itu.
*ngapain-ception*

Anyway, setelah beberapa usang mengubah-ubah algoritma–yang bikin kesel–terus ternyata dibalikin lagi ke chronological (meski tetep nggak fully choronological lagi menyerupai awal), kali ini Instagram mulai menyentuh para pengguna yang suka akan kepalsuan.

(((suka akan kepalsuan)))

Nggak hanya itu, mereka pun bakalan mengubah tampilan profile pengguna, supaya itu–yang namanya angka–jadi nggak terlalu mengintimidasi.

Maksudnya gimana sih? Ya udah, mari kita lihat aja satu per satu.

Beberapa Update Instagram Terbaru yang Harus Kamu Tahu

1. Cambridge Analytica, gimana? Siapa yang marah-marah?

Makanya, bila kau memang menggunakan third party tools ini, segeralah untuk merecovery akunmu deh. Putuskan semua aplikasi yang nggak perlu, kemudian segera ganti password.
For your own sake.

Lalu, buat kau yang nggak merasa menggunakan tools semacam ini, kau pikir feed kau nggak akan terpengaruh?

Well, berdasarkan Instagram, meski kau nggak menggunakan tools third party menyerupai ini, tapi mungkin kau akan mengalami drop jumlah follower dan likes juga. Kenapa? Ya, soalnya bot third party ini memang mengembangkan kepalsuan ke mana-mana. Bahkan pada kamu, yang tak pernah menyentuh aplikasi-aplikasi penambah follower ini.

Acara pencucian fake followers dan likes dari third party apps ini sudah dimulai semenjak ahad ketiga November kemarin, dan masih berlangsung hingga sekarang.

So, jangan kaget bila kau mengalami penurunan jumlah follower dan juga likes. Gosah panik, dan tetap lakukan acara menyerupai biasa.

2. Selain membatasi third party apps-nya, Instagram juga me-remove akun-akun bot

So, buat kau yang kemarin sempat beli followers demi apa pun–saya nggak mau menyebutkan ya, ntar dibilang julid–maka bersiap-siaplah mengalami penurunan jumlah follower.

Apalagi yang kemarin belinya yang murah meriah–alias follower luar negeri pasif. Terus nama-nama akunnya rada-rada gila gitu. Bakalan dibabat habis deh sama Instagram.

Hahaha. Iya, bok. Saya tahu. Hawong saya sempat coba gara-gara kepo dan penasaran–tapi bukan di akun utama saya lo. Ya kali saya “mengorbankan” akun kesayangan. Wqwqwq.

Iya, saya beli followers, yang pasif luar negeri pernah, yang aktif Indonesia pernah. Pokoknya pernah semua deh, demi ingin melihat efeknya menyerupai apa.

Dan, akibatnya saya ngomel. Kenapa? Ngedropnya luar biasa, bok :)) apalagi yang pasif itu. Beugh. Paan, ga terperinci =))

Nah, kini dengan jadwal pencucian dari Instagram ini, sebaiknya kau yang kemarin mau nginfluence-tapi-sadar-diri-pengaruh-sedikit-lalu-beli-aja-biar-cepet mulai siap-siap yah. Instagram sendiri sudah “mengaku” secara publik, bahwa mereka sedang mengembangkan tools untuk mendeteksi adanya bot, fake followers, dan fake likers, serta memperingatkan akun aslinya.

3. Instagram mengubah interface profile

Sekarang pastinya kau akan melihat profile Instagram menyerupai ini kan?

Nah, selanjutnya kau harus siap-siap untuk melihat profile yang menyerupai ini.

Yang kiri itu untuk akun pribadi, yang kanan untuk akun bisnis.
Apa hayo, yang beda?

Lingkarilah gambar yang berbeda.
*halah*

Yes, angka jumlah followers dan following dikecilin, sehingga nggak terlalu mengintimidasi. Begitu keterangan resmi dari Instagram. Juga, peniadaan jumlah post.

Saya sih paling seneng itu jumlah post ilang. Genggeus soalnya. Entahlah. Hahaha. Nggak tahu kenapa penting dicantumin juga.

4. Instagram menambahkan fitur alt text description

Apa itu alt text description?
Kalau saya menarik kesimpulan sih, alt text description ini fungsinya kayak alt text yang ada di blog ini nih. Yang harus kita isi demi SEO yang baik.

Jadi, dapat membantu rangorang untuk menemukan konten yang paling pas dengan yang mereka butuhkan.

Tapi *CMIIW* tampaknya alt text di Instagram ini agak istimewa sedikit, karena ia ditambahkan untuk membantu mereka yang punya kebutuhan khusus di indra penglihatannya. Kalau saya nggak salah mengartikan, mereka yang butuh ini dapat menciptakan alt text ini terdengar. Makara mungkin bakalan ada voice search juga menyerupai Google.

I don’t know. Itu hanya sependek saya dapat menyimpulkan. Untuk realisasinya, mari kita tunggu saja. Soalnya ini gres sebatas pemberitahuan aja nih dari Instagram.

Kalau kepo lebih lanjut dapat intip pribadi di Instagram Press ini.


Nah, itu ia 4 perubahan paling besar yang sedang dibentuk oleh Instagram belakangan ini, dan juga dalam beberapa bulan ke depan.

So, kau sudah tahu begini, dapat mulai siap-siap ya.
Sebenarnya sih, bila kau mempergunakan semua media dengan baik dan benar, serta normal, kau tak perlu khawatir dengan banyak sekali perubahan yang terjadi.

Bagaimanapun, Instagram sebagai pebisnis punya kewajiban untuk melindungi para pelanggannya. Hal ini berlaku untuk bisnis apa pun. Jadi, apa pun yang mereka ubah–dengan update Instagram terbaru mereka–sebenarnya yakni untuk kebaikan kita juga.

Kalau kita nyaman dan puas, berarti bisnis mereka juga lancar.
Sama-sama butuh soalnya kan?

Jadi, mari menjadi user yang normal saja.