Site Link Di Hasil Pencarian

Diposting pada 7 views
Site Link di Hasil Pencarian – “Site link bukan sekedar fenomena situs web / blog” di kalangan blogger sitelink situs atau site link di laman hasil pencarian ibarat google search menjadi pembahasan hangat, hal ini saya sampaikan menurut banyak nya pencarian keyword “Site Link di hasil pencarian” pada 4/24/2018. Sebenar nya apa yang dimaksud dengan sitelink serta apa kegunaan dan manfaat site link situs itu? Berikut ini saya sajikan artikel hasil analisa situs terkait fenomena sitelink situs di hasil pencarian “google”.

Site link bukan sekedar fenomena situs web  Site Link di Hasil Pencarian
Site link di hasil pencarian

Pengertian dan Manfaat Site Link (Sitelink)

Secara bahasa site link sanggup kita artikan sebagai “Link situs” berasal dari dua suku kata yaitu (site = situs) dan (Link = link, tautan atau url), Secara global pengertian site link yakni link-link terkait yang di tampilkan pada laman hasil pencarian ibarat google search. Sitelink yang muncul pada laman hasil pencarian umum-nya merupakan link / url laman yang paluler (sering dilihat) dari situs tersebut. Site link bermanfaat / berfungsi sebagai navigasi situs pada laman hasil pencarian yang tujuan nya yakni untuk memudahkan pengguna google menelusuri suatu situs.

Nah kini kita sudah mengertikan apa yang dimaksud dengan site link (Sitelink)! namun itu belum cukup sahabat blogger, kita akan mengupas lebih dalam lagi mengenai site link biar wawasan kita semakin luas perihal sitelink di hasil pencarian, tapi sebelum nya jangan lupa follow situs saya biar kau sanggup kiriman e-mail informasi terbaru dari situs ini.

Ciri tetap Sitelink website / blogger

Sitelink hanya muncul di laman hasil pencarian dikala pengguna menelusuri nama situs atau url home situs pola nya pencarian dengan memakai keyword “detik” dan “www.detik.com“, Penelusur “Google” akan menampilkan site link atau link terkait yang terkenal lainnya dari situs tersebut, ciri site link lain-nya yakni lebih menjorok kedalam di bandingkan url home situs.

Analisa terkait site link situs

Saya sangat mengerti bahwa kau mungkin ingin mendapat tanggapan yang lebih akurat perihal site link=sitelink situs. Dibawah ini ulasan lengkap mengenai sitelink berdasrkan analisa dari situs yang berbeda yang saya kelola (kembangkan).

  1. Nama situs mempengaruhi kesempatan mendapat site link dari google, nama situs yang terdiri lebih dari dua suku kata terpisah akan sulut mendapat site link
  2. Struktur data situs (template) yang tidak cukup (masih berantakan) cenderung kehilangan kesempatan mendapat site link dan tergolong belum rampung.
  3. Popularitas situs belum memadai? (…. tanda tanya).

Untuk memperkuat hasil analisa yang saya sampaikan pada artikel ini mari kita simak sebentar saja gambar berikut ini.

Site link bukan sekedar fenomena situs web  Site Link di Hasil Pencarian
Site link di hasil pencarian

Situs pertama yaitu http://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com/ kalau ditelusuri dengan judul/nama situs secara terpisah “tukang listrik batam” maka tidak ada sitelink di hasil pencarian, akan tetapi kalau di telusuri dengan url “tukanglistrikpulaubatam” maka akan muncul 6 sitelink (link terkait) sekaligus dan kalau ditelusuri dengan url penuh “tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com” google menampilkan sitelink hingga 8 link terkait.

Sebaliknya pada situs nomer 2 yaitu “borisinil.blogspot.com” merupakan situs blog gres dan belum mempunyai tag link popular di serp kalau ditelusuri dengan nama situs “borisinil” akan muncul sitelink 4-6 site link (link terkait) di laman hasil pencarian.

Dari kedua pola diatas sanggup kita simpulkan bahwa nama domain dan judul (nama situs) sangat mempengaruhi situs untuk mendapat site link dari google dan persoalan popularitas situs mungkin juga sedikit mempengaruhi namun kalau dinilai dari hasil analisa diatas maka popularitas mempengaruhi site link akan terbantahkan. Lalu bagaimana dengan markup atau stuktur data situs (stuktur data template)? kedua situs tersebut kebetulan didukung dengan template yang baik dari 1 desainer template saja yang kemudian saya perbaiki “markup” atau struktur data template nya sehingga google “search engine” sanggup dengan gampang membaca dan mengenali kedua situs tersebut.

Cara Agar Situs Mendapatkan Site Link

Metode usang mungkin memang tersedia fitur untuk mendapat navigasi site link pada webmaster Google Console, namun kini fitur tersebut sudah tidak ada sebab pembaruan dari pihak google, kini yang tersedia pada Search Console > Search Appearance yakni “Structured Data, Rich Cards, Data Highlighter, HTML Improvements, Accelerated Mobile Pages” jadi satu-satu nya upaya yang sanggup kita lakukan untuk menciptakan / mendapat site link di hasil pencarian google adalah;

  1. Gunakan nama domain atau judul situs yang “unik” dan lebih pendek max 2 suku kata, hati-hati menentukan nama domain atau judul situs kekeliruan menentukan judul justru menciptakan situs kehilangan kesempatan mendapat sitelink “example: tutorial blogger” judul situs dengan keyword “tutorial blogger” akan mendapat kesulitan mendapat site link sebab keyword tersebut sudah terkenal dan menempel pada tagging situs-situs terpopuler sebelum anda.
  2. Perbaiki markup (struktur data) template situs, Google akan membaca, mengenali dan menggolongkan situs berdasrkan markup, struktur data, dan tagging atau meta tag yang dipakai ibarat meta keyword dan deskripsi. Berbeda dengan meta tag, markup struktur data bertujuan untuk memberitahukan organizer, author, navigasi, waktu dll sehingga google sanggup mengenali situs secara tepat.
  3. Buat konten yang bersifat informatif, konten situs yang informatif bermanfaat untuk mendapat kunjungan balik dari visitor sehingga menaikkan rating situs anda dari hal tersebut.
  4. Sumbit sitemap ke google console dan buat penyorot data (Data Highlighter) sitemap berfungsi untuk memperlihatkan alamat dan isi konten situs kepada perayap google sehingga memudahkan robot crawl (perayap) google menelusuri situs, sedangkan penyorot data merupakan rekaman jejak kinerja situs hampir sama dengan site link (link terkait) namun penyorot data atau data highlighter lebih ke penelusuran terkait.

Kesimpulan nya yakni sitelink yakni hadiah dari google kepada situs yang produktif dan informatif, belum ada metode yang terang untuk menciptakan site link situs namun site link bukan sekedar fenomena situs saja sebaiknya jangan terlalu pusing memikirkan sitelink, fokus saja ke membangun situs dan perbaiki struktur data situs sebaik mungkin dengan begitu situs kau nanti nya juga akan mendapat navigasi sitelink di hasil pencarian ibarat google search, bing dan yahoo. Tips tambahan; berikan jalan masuk penuh kepada perayap google dengan tidak mencekal/membatasi robot crawl untuk merayapi situs anda.

Demikian klarifikasi perihal site link di hasil pencarian, fungsi dan manfaat site link serta analisa sederhana perihal site link situs di hasil pencarian google, semoga bermanfaat dan good luck for you…! Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selesai….!