Saya Lebih Suka Menulis Di Media Online Lain – Find Me There!

24 views

Hae!

Salah satu resolusi saya di awal tahun 2018 ini yaitu memperbanyak lagi area menulis saya. So, ini beliau beberapa media yang menjadi penampung goresan pena random saya.

Find me there ya!

6 Website dan media online yang menampung goresan pena saya secara rutin

1. Rocking Mama

Tulisan-tulisan saya di Rocking Mama

Sejak final tahun 2016, saya sudah mulai nimbun goresan pena di sini. Sekarang sudah ada 400 goresan pena lebih di sana.

Mostly ya tulisannya yaitu goresan pena emak-emak, ngomongin segala macem, dari mulai yang remeh-remeh hingga ngomongin pelecehan seksual.

Yuk, gabung nulis bareng saya di sana 🙂 Simply membuatkan perihal apa saja.

2. Medium

Tulisan-tulisan saya di Medium

Saya juga nulis di Medium, semacam platform kayak Tumbler gitu deh. Tadinya di sana cuma buat repost goresan pena yang di blog ini.
Tapi mulai tahun ini, saya akan rutin menulis di sana. Mungkin nggak sanggup setiap ahad sih, kayaknya mau selang-seling aja sama nulis di blog ini.

Mostly mau saya isi dengan goresan pena seputar creative writing juga. Cuma di sana “tone”-nya emang sengaja saya bikin beda dikit. Ehe

Silakan mampir juga.

3. Bicara Perempuan

Blog / media terbaru
Tahun 2018 ini saya juga bikin blog / media baru. Gara-garanya saya juga sering nulis tetek bengek perihal perempuan, tapi yang nggak masuk ke demografi Rocking Mama.
Tadinya mau saya masukin ke UC Media. Tapi saya nggak punya pengalaman manis di sana. Jadi, saya kapok, nggak nulis lagi. Hehehe. Males.
Karena ada beberapa topik dan inspirasi yang sudah ada, ya sayang jika nggak dieksekusi. Jadilah saya bikin Bicara Perempuan ini.
Rencananya sih, nanti setahun-setahun lagi supaya sudah sanggup saya Adsense-kan. Ehe. Mayan buat jajan. Wish me luck!
Ohiya, jika ada yang mau gabung sama saya nulis di BiPer dipersilakan lo! Cek ke laman Kontribusi ya untuk lebih jelasnya.
Mayan buat latihan nulis kan?
Untuk kini PVnya masih sekitar 60-80 PV per hari sih. Doain sanggup saya boost secepatnya.

4. Masyarakat Sehat

Me as “penerjemah” di Masyarakat Sehat

Ini yaitu salah satu web “anak” saya juga, besutan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat  dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada.

Saya nggak nulis tolong-menolong di sini. Lebih ke ngedit. Tulisannya–mostly–tadinya dikirim oleh mahasiswa Kedokteran dan Keperawatan. Terus alasannya gaya bahasanya masih akademis banget, maka saya bantuin supaya lebih gaul.

Kalau enggak, ya saya ngetranskrip dari video yang ada di Channel INAHEALTHTV di Youtube. Dari video jadi goresan pena reportase, gitu.

Tapi semenjak bulan ini, Masyarakat Sehat juga mendapatkan kiriman goresan pena dari publik. Kalau kau mau, silakan aja pribadi kirim yes? Ada kompensasi lo, untuk goresan pena yang dimuat.

5. Stiletto Book

Tulisan-tulisan saya di Stiletto Book

Sebenarnya sih semua Stiletto Girls semacam diminta untuk mengisi web Stiletto Book ini, tapi yah, so far saya yang paling banyak :)))

Isinya ya seputar buku, penulisan dan penerbitan sih.

6. Kumpulan Emak Blogger

Tulisan-tulisan saya di web Kumpulan Emak Blogger
Entah semenjak kapan saya jadi kontributor di web KEB. Mungkin pas saya masih Makmin Gambar ya? Lupa :))
Tapi terus saya mundur dari jajaran makmin, tapi saya tetap iseng nulis di sini. Tentu saja alasannya ada pamrihnya :)) Supaya saya sanggup backlink. Huahaha. Jadilah saya sebulan sekali submit tulisan, meski kadang ya pake ditagih-tagih sama Orin. Pfffttt.
Tapi, semenjak Oktober 2017–kalau nggak salah–saya rutin ngubrak-abrik Twitter Kumpulan Emak Blogger setiap Senin dan Rabu sore. Dari kultwit, saya kumpulinlah jadi artikel 😀
Jadi, praktis, saya sanggup setor beberapa kali sebulan sekarang.
Thanks to Makte Sary Melati yang bissssaaaaa aja kasih saya PR dan bahasan. Wkwkwkwk *cipok basah*
Tulisannya ya apa lagi jika bukan seputar ngeblog dan nyosmed. Yaaaa, saya bisanya itu sih! Saya nggak mungkin kasih resep kek Mak Lianny-lah! Hahaha.
**
Itu beliau 6 web yang rutin nampung goresan pena saya. Masih ada beberapa goresan pena tersebar sih, tapi either saya sudah nggak kirim lagi sekarang, atau ya cuma sekali dua kali.
Kenapa sih saya repot-repot menulis di kawasan lain selain blog sendiri? Kan lebih yummy nulis di blog sendiri kan? Bisa suka-suka nulisnya!
Lah! Justru itu!
Kalau kita hanya sanggup nulis suka-suka mah, semua orang juga bisa. Karena tantangan menulis buat saya yaitu beradaptasi dengan maunya orang lain, orang yang butuh, orang yang mau baca. 
Kalau di blog sendiri–entah ya jika yang lain–kalau saya jadi cepet puas aja gitu. Cepat songongnya juga hahaha. Auk ah. Gitu deh pokoknya yang saya rasain.
Lagian, saya makin malas juga ngulik blog :))) Mesti mobile! Meski https! Dan lalu, yang bakalan tiba juga, mesti amp!
Kalau saya nulis di media online lain, saya nggak perlu mikirin itu. Saya merely CUMA NULIS. Cuma mikirin KONTEN! Nggak usah mikirin tetek bengek malesin yang nyita waktu itu :))) Nggak besar lengan berkuasa saya, beneran.

Terus, malas ngulik blog kok bikin Bicara Perempuan?
Iya, itu objektifnya beda soalnya. Ehe Kalau kemudian saya nemu media lain yang lebih cocok untuk konten-konten Bicara Perempuan, dan sanggup menguntungkan saya, ya sanggup saja saya pindahin lagi.

So, saya masih mau nambah media lagi buat nampung semua sampah otak yang saya punya. Target selanjutnya Hipwee dan Kumparan. Iyahhh, yang mudah dulu deh. Hahaha.
(((Gampang))) *dijitak*
Soalnya jika ke Mojok, saya cukup nyadar diri sih. Saya belum ‘seunik’ itu. Gaya saya belum cocok di Mojok, meski berharap juga sih, next saya juga mau nyoba.
Dibayar enggak tuh di Hipwee sama Kumparan?
Nope.
Simply alasannya saya memang pengin memperluas kotak menulis saya.

Semoga tahun depan terus sanggup nulis in English, dan kirim ke ProBlogger 😛