Meta Tag Hreflang Dan Cara Penerapan Nya

Diposting pada 4 views
Meta Tag hreflang Dan Cara Penerapan Nya – Tag hreflang merupakan atribut bahasa pada suatu halaman website, berfungsi untuk menawarkan perintah atau jalan masuk kepada robot crawl (perayap) untuk menerjemahkan bahasa utama situs ke bahasa tertentu. Selain itu meta tag hreflang juga dipakai sebagai alternatif penerjemah html situs sehingga dikala situs web di jalan masuk dari negara tertentu “negara yang ditargetkan”, template atau navigasi situs akan menampilkan bahasa khusus sesuai dengan tag hreflang yang diterapkan.

Manfaat tag hreflang itu sendiri ialah sebagai meningkatkan secara optimal seo khusunya pengoptimalan bahasa situs pada penargetan internasional maupun regional dan menawarkan akomodasi bagi pengguna “visitor” untuk memahami laman web menyerupai bahasa pada navigasi, footer, sidebar dll.

Meta Tag hreflang Dan Cara Penerapan Nya Meta Tag hreflang Dan Cara Penerapan Nya
Meta Tag hreflang Dan Cara Penerapan Nya

Cara Memasang Tag hreflang

Kode Tag hreflang untuk konten atau laman situs web biasanya ditempatkan pada area header html situs “dianta tag <head> dan </head>, secara default pemasangan tag hreflang ialah menyerupai dibawah ini;

<head>
<link href=’http://en-gb.example.com/page.html’ hreflang=’en-gb’ rel=’alternate’/>
<link href=’http://en-us.example.com/page.html’ hreflang=’en-us’ rel=’alternate’/>
<link href=’http://en.example.com/page.html’ hreflang=’en’ rel=’alternate’/>
<link href=’http://de.example.com/page.html’ hreflang=’de’ rel=’alternate’/>
<link href=’http://www.example.com/’ hreflang=’x-default’ rel=’alternate’/>
</head>

Penerapan tag hreflang “by google” menyerupai diatas ialah bertujuan untuk penerjemahan pada laman tertentu saja, jikalau kau pengguna blogger dan ingin supaya seluruh laman situs sanggup diterjemahkan kita harus mengkombinasikan tag hreflang dengan meta data situs. Inilah salah satu yang menjadi keistimewaan situs blogger, tag hreflang sanggup diterapkan dengan gampang dan gratis tanpa harus menginstall plugin khusus menyerupai pada wordpress.

Tag hreflang blogger

<link expr:href=’data:blog.url’ hreflang=’en-gb’ rel=’alternate’/>
<link expr:href=’data:blog.url’ hreflang=’en-us’ rel=’alternate’/>
<link expr:href=’data:blog.url’ hreflang=’en’ rel=’alternate’/>
<link expr:href=’data:blog.url’ hreflang=’de’ rel=’alternate’/>
<link expr:href=’data:blog.url’ hreflang=’x-default’ rel=’alternate’/>

Simpan atau letakkan tag hreflang dibawah isyarat <head> pada html situs blog kamu, jikalau ingin memakai lebih banyak tag hreflang silahkan tambahkan baris tag hreflang dengan isyarat negara tujuan.

Membuat Penargetan Internasional di Search Console

Pastikan kau sudah menmbahkan situs ke google webmaster atau Search Console, buka tab kemudian lintas penelusuran pada Search Console kemudian pilih Penargetan Internasional. Pada tab negara “country” silahkan pilih audiens situs “negara yang ditargetkan”.

Meta Tag hreflang Dan Cara Penerapan Nya Meta Tag hreflang Dan Cara Penerapan Nya
International Targeting Search Console

Kemudian pada tab bahasa (language) kau mungkin akan melihat sebuah peringatan “situs anda tidak mempunyai tag hreflang“, jangan panik sebab jikalau tag hreflang gres ditambahkan atau situs gres ditambahkan memang akan menyerupai itu, bersabarlah menunggu robot crawl “perayap google” kembali mengunjungi / merayapi situs, proses tersebut mungkin akan memakan waktu 7 hingga 10 hari. Sambil menunggu perayapan situs pastikan kembali anda telah memasang tag hreflang pada header situs dengan baik dan benar.

Pertanyaan seputar tag hreflang

Apa fungsi tag hreflang=’x-default’ ? Jawab: tag hreflang=’x-default’ berfungsi untuk memerintahkan mesin penelusur untuk menampilkan bahasa orisinil (default) website dikala robot crawl tidak menemukan tag hreflang yang cocok untuk sasaran negara tertentu.

Apakah situs berbahasa indonesia harus memakai tag hreflang=’id-id’? Jawab: Tidak ada penggunaan hreflang=’id-id’, Tag hreflang untuk situs lokal atau regional sudah diwakili dengan tag hreflang=’x-default’, jikalau situs web berbahasa indonesia maka tag hreflang=’x-default’ akan meminta perayap untuk menampilkan dan membaca situs dengan bahasa indonesia, begitu juga jikalau situs berbahasa malaysia, dan negara-negara lain-nya.

Tag hreflang menyerupai apa yang banyak dipakai oleh situs web “blogger”? Jawab: Belum dilakukan survey secara luas, namun berdasarkan admind tag hreflang yang paling banyak dipakai ialah menyerupai teladan diatas atau hanya sebaris ini;

<link expr:href=’data:blog.url’ hreflang=’x-default’ rel=’alternate’/>

Situs web yang hanya memakai sebaris tag hreflang=’x-default’ tidak akan diterjemahkan (ditampilkan dan di baca dalam bahasa orisinil atau default). Namun harus diketahui bahwa tidak semua mesin penelusur support dengan hreflang=’x-default’, Mesin telusur tertentu menyerupai Bing contoh-nya tidak mendukung anotasi rel = “alternate” hreflang = “x”.

Situs ini hanya memakai sebaris tag hreflang=’x-default’ saja sebab berdasarkan salah satu sumber tag tag hreflang pernah mengalami sedikit masalah, sehingga kami menentukan untuk tidak menerjemahkan situs dengan memasang sebaris tag hreflang=’x-default’ saja meskipun kini google telah memperbaiki gangguan kecil tersebut.

Demikian klarifikasi mengenai “meta tag hreflang dan cara penerapan nya”, semoga artikel ini sanggup membantu dan menambah ilmu bagi kita semua, hingga jumpa kembali.