game untuk kesehatan
Kesehatan

Mengenai Berbagai Bahaya Bermain Game Untuk Bagi Kesehatan

Bermain game pada saat ini merupakan sebuah fenomena yang sudah tidak asing lagi di kalangan masayarakat, baik itu dewasa atupun anak-anak. Adapun alasan mengapa seseorang menekuni permainan game antara lain sebagai pengisi waktu luang, bersenang-senang, sarana hiburan ataupun menghilangkan stress. Meski demikian, tujuan awal dari sebuah permainan game kadang tidak akan diperoleh karena game berpotensi mengakibatkan kecanduan dan meningkatkan stress bukan justru mengurangi stress, terlebih game yang membutuhkan tingkat emosional tinggi dalam prosesnya melawan lawan. WHO atau World Health Organization sebagai organisasi kesehatan tingkat dunia juga telah berhasil menetapkan mengenai kecanduan bermain game dalam sebuah gangguan penyakit atau gangguan International Statistical Classification of Diseases (ICD). Hal ini dianggap sebagai salah satu gangguan mental terbaru yang ditetapkan oleh WHO sebagai akibat dari kecanduan atau kebiasaan, dalam dunia medisnya kerap disebut sebagai ICD-11. Dengan demikian gangguan ini merupakan salah satu dampak atau bahaya bermain game untuk  kesehatan manusia.

Seperti yang telah dijelaskan oleh dr. Kristiana Siste, SpKJ (K) seseorang dapat dikatakan mengalami gangguan atau disorder gaming ketika telah memenuhi beberaoa syarat, adapun di bawah ini ialah beberapa syarat atau indikatornya.

Indikator Seseorang Dikatakan Mengalami Gangguan Akibat Bermain Game

game untuk kesehatan

1. Tidak mampunya seseorang dalam mengendalikan dirinya sendiri atau dalam kata lain terdapat gangguan kontrol untuk bertindak atau melakukan sesuatu.

2. Intensitas bermain semakin meningkat walaupun telah mengetahui dampak dan bahaya bermain game untuk kesehatan yang notabene tidak cukup ringan.

3. Sebagai akibat dari peningkatan intensitas bermain, maka pemain atau pecandu gangguan ini akan bersikap lebih mengutanakan permainan tersebut dibandingkan aktivitas lainnya yang mungkin lebih penting atau harusnya diutamakan.

Berdasarkan ketiga poin diatas,  munculnya gangguan akan mengakibatkan masalag komunikasi ataupun perilaku dalam fungsi keluarga dan lingkungan sekitarnya. Pada umumnya seseorang akan dikatakan mengalami gangguan ketika beberapa sikap tersebut sudah berhasil dialami selama kurang lebih 12 bulan atau satu tahun. Meski kebanyakan terjadi pada anak kecil yang notebene belum bisa memanajemen waktu dan aktivitasnya, namun tidak menutup kemungkinan gangguan ini bisa muncul dalam diri orang dewasa. Adapun dibawah ini ialah bahaya lain yang ditimbulan karena memainkan game.

Bahaya Bermain Game Bagi Kesehatan Fisik

game untuk kesehatan

1. Dapat mengganggu kesehatan mata, hal ini disebabkan karena aktivitas game pada umumnya dikakukan secara berjam-jam dengan menatap layar handphone atau komputer secara serius tanpa jeda. Berbagai gangguan yang bisa muncul diantaranya ialah mata lelah, minus bertambah atau bahkan kerusakan saraf mata. Oleh sebab itu, perhatikan dengan benar kesehatan mata Anda jangan sampai berbagai aktivitas lainnya terganggu hanya karena dampak dari permainan game.

2. Nyeri Sendi dapat diakibatkan ketika saat bermain game tanpa disadari melakukan gerakan seperti duduk tengkurap, membubgkuk ataupun tiduran. Posisi ini bisa mengakibatkan munculnya gangguan tulang atau nyeri sendi karena dilakukan tanpa disertai gerakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Hal inu lah yang bisa memicu munculnya otot kaku dan nyeri sendi seusai bermain game.

3. Gangguan motorik biasanya muncul pada anak-anak dalam masa pertumbuhan dimana mereka akan jarang melakukan pergerakan dalam tubuhnya sehingga mengakibatkan penurunan motorik anak. Lebih parahnya lagi, gangguan motorik juga bisa berakibat pada pertumbuhan yang tidak maksimal atau bahkan obesitas. Dengan demikian, perhatikan dengan cermat mengenai aktivitas anak-anak Anda, jangan sampai permainan menjadikan munculnya ganggguan terhadap pertumbuhannya.

4. Menurunkan konsentrasi, hal ini juga kerap dinilai terjadi pada anak-anak. Mereka akan mengalami gangguann konsentrasi berupa susah fokus terhadap suatu aktivitas ataupun pekerjaan tertentu dan mudah untuk lupa. Tingkat emosional yang tidak stabil dan paparan sinar radiasi layar dinilai sebagai penyebab turunnya konsentrasi pada seseorang yang bermain game.

Selain itu, terdapat pula bahaya bermain game untuk kesehatan psikologis yang busa muncul dalam beberapa gangguan seperti rasa canggung atau tidak cakap dalam berkomunikasi dan sosialisasi dengan orang lain, mereka justru akan lebih memilih bermain di depan layar dibandingkan bersosialisasi atau bermain dengan orang lain. Disamping itu, tingkat emosional juga akan terbawa sehingga seseorang akan menjadi lebih mudah marah dan agresif. Terlebih jika game yang kerap dimainkan ialah jenis permainan perang, pertarungan dan beberapa genre game lainnya yang membutuhkan tingkat emosional yang tinggi. Dengan demikian, Anda perlu memperhatikan dengan cermat mengenai durasi atau lama permainan game, jangan sampai Anda tidak bisa mengendalikan diri. Terlebih jika Anda berperan sebagai orang tua, jaga dan awasi perilaku anak secara maksimal agar mereka tidak terperangkat dalam bahaya game bagi kesehatan yang sangat merugikan masa depannya. Dengan demikian, mari kita bersama-sama bersikap bijak terhadap game sebagai salah satu wujud atau  cara penanggulangan masalah dan gangguan yang kerap muncul sebagai akibat dari adanya game, apalagi jika sudah kecanduan game pengeluaran sgp, game ini dapat memberikan nuansa negatif karena setiap permainannya akan di sertai dengan ketidak puasan dan kurangnya kesabaran untuk bisa memenangkan permainan tersebut, karena hadian yang di tawarkannya begitu besar hingga jutaan rupiah.