Jenis Jenis Buah Mangga Beserta Gambarnya Dan Ciri Cirinya

Diposting pada 9 views

DetikPedia – Salah satu tumbuhan unggulan yang mempunyai buah berguna untuk kesehatan tubuh yaitu Tanaman Buah Mangga. Tanaman ini menghasilkan buah yang mempunyai cita rasa elok dan paling banyak dibudidayakan oleh para petani buah pada kawasan tertentu di Indonesia. Apabila dilihat dari pohonnya yang mempunyai perawakan yang cukup besar, pohon ini juga sanggup mencapai tinggi 40 meter atau bahkan lebih. Batang pohon mangga umumnya mempunyai postur yang tegak dengan cabang agak kuat, daun – daun pada setiap dahannya tergolong lebat yang membentuk tajuk indah berbentuk kubah, oval atau memanjang dengan diameter bervariasi hingga 10 meter. Ciri ciri tumbuhan buah mangga biasanya diadaptasi dengan satu jenis tumbuhan mangga, alasannya mangga sendiri ternyata tidak hanya mempunyai satu jenis saja, tetapi terdiri dari beberapa macam.

Selain dari variasi tumbuhan mangga yang berbeda – beda, tentunya buah yang dihasilkan juga berbeda. Menurut beberapa penelitian pertanian, Buah mangga termasuk dalam jenis buah kerikil yang mempunyai daging. Buah yang terkenal alasannya rasa manisnya ini juga mempunyai ukuran dan bentuk yang bervariasi bergantung dari varietas tanamannya. Rasa buah mangga yang elok hingga masam itu sendiri tergantung dari induknya dengan kandungan kadar airnya. Anda sanggup lihat pada gambar setiap jenis buah mangga dengan bentuk dan warna yang berbeda. Buah mangga yang masak atau matang biasanya dikonsumsi dalam keadaan baik dan segar sebagai adonan makan atau minuman yang sehat mirip adonan es buah, jus mangga, manisan, irisan buah kering dikalengkan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga : Buah yang cocok untuk Ibu Hamil dan menyehatkan

Nah, alasannya perkembangan teknologi di bidang pertanian begitu pesat. Maka, banyak pula lahir varietas –varietas gres sebagai mangga unggulan mulai dari buah mangga lokal hingga dengan varietas buah mangga impor yang juga dibudidayakan di Indonesia. Tertarik ingin membudidayakan buah yang satu ini? Alangkah baiknya kita kenalan dulu sama Macam –macam buah mangga menurut ciri –cirinya, untuk lebih memahami pemaparan fisiknya, maka pembahasan ini juga dilengkapi dengan gambar yang unik dan menarik. Tanpa membuang waktu, yuk eksklusif saja kita simak pembahasannya di bawah ini.

Jenis –Jenis Buah Mangga beserta gambarnya dan ciri -cirinya

1. Mangga Manalagi

Buah mangga ini di kembangkan di kota Situbondo, Jawa Timur. Buah mangga yang satu ini tersohor alasannya mempunyai cita rasa yang sangat elok dan nikmat. Sudah menjadi gosip umum buah mangga Manalagi mempunyai kelezatan yang jawara. Kebanyakan orang pun mulai beranggapan baha buah ini merupakan perpaduan antara mangga golek denga mangga arumanis. Nah, untuk membedakannya dengan mangga lainnya ini ciri –cirinya :

  • Ukurannya sedang namun lebih kecil dari mangga golek.
  • Kulit buah yang masih muda berwarna hijau, dan apabila matang juga masih berwarna hijau tapi agak keabuan.
  • Ada bintik –bintik putih yang jumlahnya banyak pada tubuh buah.
  • Daging buahnya padat dan berserat.
  • Kulit buah tebal dan juga berlilin.
  • Rasanya sangat elok dan buat ketagihan.

2. Mangga Yu Wen

Buah Mangga Yu Wen, merupakan varietas gres yang banyak digemari oleh para pecinta buah. Sesuai dengan namanya, buah ini berasal dari Negara Taiwan. Selain dari tampilan fisik yang menarik buah ini menyimpan kelezatan yang luar biasa dibalik daging buahnya tersebut. Bahkan tingkat kemanisannya sanggup mencapai taraf level 15 brick. Apabila Anda ingin mengenalinya cirri – cirinya yaitu sebagai berikut :

  • Memiliki kulit warna yang nyentrik yakni merah terang.
  • Daging buah mangga tergolong tebal.
  • Tekstur rasa buah lembut dan tanpa serat.
  • Didalamnya terdapat biji super tipis.

3. Mangga Harumanis

Mangga ini merupakan salah satu yang sangat terkenal di dalam negeri. Mungkin dari sekian banyak jenis buah mangga, buah mangga harumanis yaitu yang paling sering disebut-sebut. Permintaan masyarakat akan mangga ini juga tidak pernah menurun. Buat Anda yang belum mengenali cirri –cirinya, sebagai berikut uraiannya :

  • Terkenal akan rasanya yang sangat manis.
  • Aroma nya harum pada dikala dalam kondisi masak atau matang.
  • Bentuk buahnya lonjong berparuh sedikit dengan ujungnya meruncing.
  • Satu mangga beratnya sanggup mencapai 500 gram.
  • Kulit buahnya mempunyai warna hijau renta dengan lapisan lilin yang mengakibatkan warnanya sedikit kelabu.
  • Terdapat bintik berwarna hijau keputihan di seluruh permukaan kulitnya.
  • Daging buahnya tebal, tidak berserat.

4. Mangga Chokanan

Buah mangga yang berasal dari Thailand yaitu mangga Chokanan. Jenis buah ini merupakan buah favorit semua orang yang ternyata sanggup di konsumsi pada dikala matang tepat maupun dikala masih muda, inilah yang membedakannya dari jenis mangga lainnya. Mangga Chokanan mempunyai nama lain yakni mangga madu. Untuk Ciri –cirinya yaitu :

  • Memiliki cita rasa daging buah yang sangat manis.
  • Mengandung sedikit serat dan air.
  • Bagian buahnya berwarna hijau pada dikala muda dan sedikit masam dan berubah warna menjadi kuning terang pada dikala matang dengan rasa sangat manis.
  • Satu buah ini sanggup mencapai 350 -450 gram

5. Mangga Mahatir

Mangga yang terkenal dengan ukurannya yang jumbo yaitu Mangga Mahatir. Mangga ini berasal dari Kinabalu, Malaysia. Keunggulannya yaitu dari ukurannya yang lebih besar dibandingkan jenis buah mangga yang lainnya. Kita sangat gampang mengenali buah yang satu ini alasannya selain besar mereka mempunyai bentuk yang seragam untuk setiap buahnya. Ciri cirri fisiknya yaitu mirip berikut ini :

  • Satu buah mangga Mahatir mencapai berat 2,5 hingga denga 3 Kg.
  • Memiliki bentuk ibarat paruh burung dan seragam untuk semua buah dengan jenis ini.
  • Memiliki rasa yang elok dan lezat.
  • Buahnya tanpa serat.

Baca Juga : 10 Buah yang mempunyai Vitamin C tertinggi

Inilah jenis buah mangga terkenal yang ada di seluruh dunia khususnya di Negara Indonesia. Buah mangga dengan jenis ini sangat cocok alasannya merupakan buah unggulan yang layak untuk dibudidayakan atau ditanam di Negara kita. Semoga gosip ini sanggup bermanfaat untuk kita semua dan memberi citra yang terang sebagai cara pemilihan bibit yang cocok untuk di budidayakan di kawasan tertentu. Informasi ini juga cocok untuk Anda yang hanya ingin mengetahui informasinya sebagai seorang penggemar buah mangga. Sekian dan terima kasih.