Jelang Penerimaan Cpns 2019, Siapkan Diri Anda Dengan 6 Tips Ampuh Ini

43 views

Rencananya, Kemenpan RB akan kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada bulan Maret 2019 mendatang.

Formasi Penerimaan CPNS 2019 ini tidak sebanyak pada penerimaan CPNS 2018 yang lalu, yang mencapai 238ribu formasi, namun hanya 100ribu formasi.

 Kemenpan RB akan kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil  Jelang Penerimaan CPNS 2019, Siapkan Diri Anda dengan 6 Tips Ampuh Ini

Penerimaan CPNS 2019 yang akan dibuka pada bulan Maret 2019 ini disampaikan oleh Menteri PAN RB pada ketika rapat penilaian penerimaan CPNS tahun 2018 bersama Komisi II DPR, di Gedung dewan perwakilan rakyat RI, Senayan. (22/1/2019).

Penerimaan CPNS 2019

Dan menyerupai pada tahun-tahun sebelumnya, penerimaan CPNS ini selalu dinantikan dan dinanti oleh masyarakat yang ingin mengadu nasib menjadi abdi negara (PNS).

Banyak orang yang tidak tergiur untuk menjadi PNS.

Hampir semua orang terutama para pencari kerja, maupun mereka yang telah bekerja di perusahaan swasta ingin menjadi PNS.

Karena PNS sudah menjadi sebuah impian besar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hal ini dikarenakan banyak laba yang didapat dengan menjadi PNS.

Selain honor besar, proteksi kesehatan, proteksi hari tua, dan penghasilan perhiasan lain yang cukup menggiurkan, menciptakan PNS menjadi profesi primadona di negeri ini.

Belum lagi terbukanya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi, dengan mendapat beasiswa pendidikan baik didalam negeri maupun di luar negeri.

Namun, menyerupai yang kita ketahui, untuk menjadi PNS tidaklah mudah, persaingan yang cukup tinggi serta tahapan seleksi yang harus dihadapipun cukup ketat.

Seperti halnya ketika kita ingin bekerja pada posisi yang enak, tentu memerlukan usaha yang keras untuk mendapatkannya.

Yang artinya, sebagai salah satu pelamar dari sekian ribu pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lainnya, Anda harus melewati beberapa tahapan seleksi.

Diantaranya, harus mengikuti tahapan seleksi berupa tes akademis, maupun tes kemampuan bidang dan juga tes wawancara.

Apalagi, Anda harus bersaing ketat dengan ribuan bahkan ratusan ribu pelamar CPNS lainnya yang memimpikan hal yang sama dengan Anda, yakni bekerja dan diterima sebagai PNS.

Rencananya, rekrutmen CPNS 2019 ini akan diselenggarakan oleh pemerintah sentra pada bulan Maret 2019 nanti.

Karena itu, mari mulai persiapkan diri Anda dari kini untuk ikut seleksi penerimaan CPNS 2019.

Permasalahan apakah Anda lolos dan diterima sebagai PNS atau tidak, semua tergantung dari sejauh mana usaha Anda dalam mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda, mulai dari lowongan atau gugusan CPNS Pusat dan Daerah yang dibuka hingga pada kiat-kiat semoga lulus seleksi penerimaan CPNS 2019 nanti.

Tujuan penerimaan CPNS 2019 ini yaitu untuk mengisi kekosongan gugusan yang tidak terisi pada ketika penerimaan CPNS 2018 yang lalu.

Yang mana, banyak peserta yang gagal melampaui passing grade pada seleksi kompetensi dasar (SKD) yang telah ditentukan untuk bisa lolos seleksi pada tahap berikutnya, yakni seleksi kompetensi bidang (SKB).

Kemungkinan besar gugusan lowongan untuk CPNS 2019 kali ini tidak jauh berbeda dengan gugusan CPNS 2018 yang lalu, yang akan difokuskan di beberapa jabatan teknis dan spesialis.

Bertujuan untuk mendukung pembangunan di daerah-daerah yang tertinggal, sehingga tempat tersebut menjadi lebih maju dan berkembang.

Yang diharapkan sanggup meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kancah internasional.

Secara umum, Penerimaan CPNS 2019 kemungkinan akan merekrut kembali posisi-posisi tenaga pendidikan, kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi dan ketahanan pangan.

Prosedur Pendaftaran CPNS 2019

Anda yang telah mengikuti seleksi dan registrasi penerimaan CPNS 2018 yang kemudian tentu sudah tidak ajaib lagi dengan mekanisme registrasi CPNS ini.

Karena prosedur registrasi CPNS 2019 yang telah ditetapkan pemerintah, intinya dari tahun ke tahun relatif sama.

Kalaupun ada perbedaan, paling hanya adanya penambahan warta terkait mekanisme registrasi penerimaan CPNS 2019 itu, pastinya akan pribadi diumumkan secara pribadi oleh pihak BKN, melalui portal resmi mereka.

Jadi, teruslah memantau dan mencari warta terkini terkait penerimaan CPNS 2019 di portal resmi serta akun media umum resmi dari BKN.

Apabila semua warta aktivitas penerimaan CPNS 2019 telah diumumkan secara lengkap, maka saatnya Anda mulai bergerak, jangan menunda-nunda waktu untuk mendaftarnya.

Lakukan registrasi CPNS sesegera mungkin secara online melalui situs resmi penerimaan CPNS BKN, bukan yang lain.

Persiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, mulai dari KTP, Kartu Keluarga, Transkrip Nilai, Surat Keterangan Akreditasi dai BAN PT, pas foto, dan lain sebagainya.

Pastinya, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan segala persyaratan yang telah ditentukan, semoga pada ketika registrasi Anda tidak mengalami hambatan apapun.

Yang pada karenanya akan menciptakan Anda lebih rileks, tenang, serta nyaman dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang nantinya.

Selain, persiapan yang matang dalam hal pendaftaran, Anda juga harus mempersiapkan diri Anda dengan lebih baik lagi dalam hal menghadapi setiap seleksi kompetensi yang akan dihadapi.

Tips Ampuh Lulus Tes CPNS 2019

Untuk itu, kami dari Awam Bicara akan memperlihatkan Anda beberapa tips ampuh untuk lulus dan menjadi PNS pada tahun 2019 ini.

Jika Anda gagal dalam seleksi kompetensi dasar maupun seleksi kompetensi bidang pada penerimaan CPNS 2018 yang lalu, bukan berarti itu yaitu selesai dari segalanya.

Anda masih bisa mencobanya lagi pada penerimaan CPNS 2019 ini.

1. Mempersiapkan Diri Sedini Mungkin

Bagi Anda yang telah berkali-kali mengikuti seleksi penerimaan CPNS, dan masih belum berhasil, mungkin ada suatu hal yang belum Anda lakukan dengan sungguh-sungguh.

Dan apabila penerimaan CPNS 2019 ini yaitu kesempatan terakhir Anda dalam mengejar mimpi Anda untuk menjadi PNS, maka sudah saatnya Anda melaksanakan sesuatu yang lebih dari sebelum-sebelumnya.

Yang pertama sekali yang harus Anda lakukan yaitu memastikan bahwa Anda tidak lagi mengulur-ulur waktu usang untuk melaksanakan persiapan segala sesuatnya.

Mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Mulai dari mempersiapkan berkas dan persyaratan, hingga pada mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi kompetensi.

Hal ini niscaya akan membantu dan mendukung Anda untuk lolos. Paling tidak, ketika registrasi dan seleksi berkas pendaftaran, Anda tidak mengalami hambatan ataupun hambatan yang berarti.

Terus pantau warta terkini ihwal penerimaan CPNS.

Apabila pemerintah telah membuka dan mengumumkannya, maka tak ada salahnya Anda mulai semenjak ketika itu juga dan pribadi mempersiapkan diri Anda dengan matang.

Seperti pada ketika kini ini, pemerintah telah membuka kemungkinan akan adanya penerimaan CPNS 2019 pada bulan maret mendatang.

Maka tentu tidak ada salahnya Anda mempersiapkan diri Anda mulai dari sekarang, baik itu untuk berkas dan persyaratan yang harus Anda penuhi, maupun persiapan belajar dalam menghadapi tes seleksi kompetensi CPNS nanti.

Jika Anda ingin lulus tes CPNS, maka jangan pernah Anda menganggap remeh segala sesuatnya, alasannya yaitu Anda akan bertemu dengan ribuan pesaing lainnya.

2. Melengkapi Dokumen Persyaratan CPNS

Walaupun Anda telah mendaftar pada penerimaan CPNS 2018 yang lalu, tentu tidak ada salahnya Anda mencek kembali, apakah dokumen yang diharapkan untuk registrasi CPNS Anda sudah lengkap atau belum.

Jangan hingga pada ketika waktu registrasi yang biasanya dilakukan secara online tiba, ada dokumen persyaratan Anda yang kurang.

Kondisi ini pastinya akan menciptakan registrasi CPNS Anda terhambat dan tidak menutup kemungkinan Anda bisa pribadi gagal di tahap penyeleksian dokumen administrasi.

Selain itu, Anda tidak akan terbebani lagi dengan persyaratan dokumen registrasi cpns, sehingga pikiran Anda akan lebih rileks dalam menghadapi tes seleksi kompetensi.

Untuk itu semoga dilema kelengkapan dokumen registrasi ini tidak menjadi dilema kedepannya, maka perhatikan dokumen-dokumen penting Anda.

Terutama, KTP, Kartu Keluarga, Transkrip Nilai, Surat Keterangan Akreditasi dai BAN PT, pas foto, dan meterai, serta fotokopi-fotokopi dokumen yang dibutuhkan ketika registrasi CPNS nanti.

Susun dokumen persyaratan registrasi CPNS Anda dengan rapih dan kumpulkan dalam sebuah map, semoga tidak tercecer, dan awut-awutan serta gampang di temukan bila dibutuhkan.

3. Cermat dan Teliti

Setelah semua dokumen registrasi CPNS Anda terkumpul dan tersusun rapi, dan registrasi CPNS 2019 dibuka, maka cobalah untuk lebih cermat dan teliti ketika mengisi formulir registrasi CPNS.

Pendaftaran CPNS ini biasanya dilakukan secara online, dan dihentikan ada kesalahan dalam penginputan formulir.

Karena itu, lakukan registrasi CPNS secera cermat dan teliti, jangan terburu-buru.

Setelah pengisian formulir registrasi CPNS Anda bisa mencetak hasil registrasi atau nomor regestrasinya, yang nantinya dipakai untuk verifikasi dokumen secara faktual, untuk kemudian mendapat nomor peserta.

Untuk itu, pastikan kembali bahwa formulir yang Anda isi, sudah terisi dengan lengkap dan data yang dipakai sudah benar, tanpa adanya kesalahan sedikitpun.

Hal ini perlu dilakukan lantaran registrasi online ini hanya bisa dilakukan sekali.

4. Belajar Soal-soal Tes CPNS

Setelah semua persiapan awal menghadapi seleksi penerimaan CPNS, yakni berupa persiapan persyaratan dokumen dan seleksi manajemen selesai tanpa hambatan yang berarti, kini saatnya Anda mempersiapkan diri Anda menghadapi tes seleksi kompetensi.

Mempersiapkan dokumen penting ketika seleksi manajemen CPNS sama pentingnya dengan mempersiapkan diri ketika mengikuti tes seleksi kompetensi.

Seleksi kompetensi ini yaitu seleksi atau tes berupa menjawab pertanyaan ihwal pengetahuan.

Agar Anda sanggup menjawab pertanyaan seleksi kompetensi dengan lancar tanpa adanya hambatan, maka berguru soal-soal CPNS sangat penting untuk Anda lakukan.

Soal-soal CPNS tersebut berisi materi ihwal tes wawasan kebangsaan (TWK), yang di antaranya mencakup Undang-Undang Dasar 45, Pancasila dan sejarah Republik Indonesia.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk menguji dan melihat rasa kebangsaan dan nasionalis serta idiologi pancasila para peserta penerimaan CPNS.

Anda bisa berguru soal-soal CPNS yang terdahulu, baik dari buku bank soal CPNS, yang kini ini sudah tersedia di toko-toko buku terdekat dikota Anda atau pun bisa Anda dapatkan melalui internet.

Atau Anda bisa melihat artikel kami ihwal soal-soal CPNS dan Pembahasannya ini.

5. Mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel)

Anda bisa berguru secara sendiri atau berguru berdikari melalui buku-buku bank soal CPNS, atau melalui internet disitus awambicara ini, Anda juga bisa mengikuti kegiatan bimbingan berguru atau bimbel lulus CPNS.

Menjelang pembukaan dan penerimaan CPNS, banyak tempat kursus yang membuka dan menyediakan bimbel kepada calon pelamar CPNS semoga bisa lulus tes seleksi kompetensi dan lulus sebagai PNS.

Melalui bimbel ini, Anda bisa mengukur kemampuan diri Anda sendiri dalam menghadapi tes seleksi kompetensi CPNS.

Dari sini Anda bisa mengukur diri Anda sendiri, dan melihat gugusan atau lowonan CPNS yang dibuka yang sanggup memperlihatkan Anda peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai PNS.

6. Menjalani Pola Hidup Sehat

Dokumen registrasi sudah lengkap, buku bank soal CPNS Anda punya, sudah mendaftar untuk ikut bimbel lulus CPNS.

Belajar secara berdikari untuk menguasai soal-soal tes CPNS juga sudah.

Kini yang harus Anda lakukan yaitu menjaga kesehatan Anda.

Semua persiapan Anda akan sia-sia, entah itu persiapan dokumen, buku bank soal, berguru berdikari soal cpns, dan sebagainya jikalau pada ketika tes seleksi kompetensi penerimaan CPNS Anda sakit.

Semua persiapan-persiapan diatas, akan sia-sia apabila kesehatan diri Anda sendiri tidak diperhatikan dengan baik.
Anda tentu tidak mau jatuh sakit pada ketika akan atau sedang mengikuti tes CPNS, bukan?

Karena itu, tidak ada kata terlambat untuk menjalankan rujukan hidup sehat.

Demi menggapai mimpi menjadi PNS, dan demi kelancaran ketika mengikuti seleksi penerimaan CPNS, sebaiknya mulailah menjalani rujukan hidup sehat.

Pilihlah makanan dan minuman yang baik lagi sehat untuk dikonsumsi, serta imbangi juga dengan olahraga yang teratur.

Dengan begitu, badan Anda akan tetap terjaga dengan baik.

Karena, “Didalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat.”

Percayalah Anda Pasti Lulus dan Menjadi PNS

Setelah segala sesuatu nya telah Anda persiapkan dengan matang, telah berguru dengan giat, baik secara berdikari melalui buku bank soal CPNS, maupun dengan mengikuti bimbel, selanjutnya yaitu menjalani semua proses seleksi penerimaan CPNS tersebut.

Proses penyeleksian yang harus Anda hadapi dan jalani mulai dari tahap awal hingga ke tahap berikutnya.

Jangan gampang menyerah, apalagi frustasi sebelum mencoba.

Anda tidak akan pernah tahu, apa hasil yang akan Anda dapatkan jikalau Anda tidak mulai mencobanya.

Masa depan Anda tergantung dari usaha dan usaha Anda ketika ini.

Yakinlah pada diri Anda sendiri.

Yakinlah bahwa apa yang Anda cita-citakan akan tercapai, apapun itu, termasuk lulus dan menjadi PNS.

Terakhir, dalam setiap usaha, jangan lupa juga untuk berdoa dan meminta kepada Yang Maha Kuasa, semoga Anda sanggup melalui semua proses seleksi penerimaan CPNS dengan baik dan lancar, serta sanggup membuahkan hasil yang baik pula.