Inilah Alasan Joko Widodo Gencar Membangun Infrastruktur Ketika Ini

6 views

Wartapagi.id – Jokowi: 40 Tahun RI Hanya Bangun Tol 780 Km, China 280.000 Km. Inilah yang menjadi alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan pembangunan infrastruktur. menurut ia infrastruktur digenjot sebab Indonesia masih tertinggal dibandingkan Malaysia, Vietnam, dan China.

Apalagi, Malaysia, Vietnam, dan China, dulu sempat berguru membangun jalan ke Indonesia

“Kenapa 5 tahun ini kita ingin konsentrasi penuh pada infrastruktur, sebab ketertinggalan dengan negara lain, negara kita jauh sekali tertinggal, kenapa kita kejar bangkit jalan, pelabuhan, airport,” kata Jokowi ketika meresmikan Rakernas II Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten seluruh Indonesia (Adkesi) di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Baca juga : 15 Foto Jalan Trans Papua yang sedang dibangun, KEREN !!!

Dia menceritakan, ketika Indonesia berhasil membangun jalan tol Jagorawi, China dan Malaysia tiba Indonesia hanya untuk berguru mengenai pembangunan infrastruktur jalan. Cuma, usai bangkit tol Jagorawi, justru Indonesia jalan di tempat, tidak menyerupai ketiga negara tersebut yang gencar membangun infrastruktur.

Padahal, kata Jokowi, infrastruktur menjadi salah satu alat pemersatu bangsa sebab mengintegrasikan tempat satu dengan yang lainnya, baik jalan, pelabuhan, maupun bandara.

Baca juga : Perbandingan Jalan Tol Sejak Era Soeharto Hingga Jokowi

“Jalan yang banyak didatangi oleh negara lain untuk belajar, Malaysia tiba tengok, Vietnam tiba tengok, China tiba tengok, selama 40 tahun kita hanya bangkit 780 km, sesudah Jagorawi, negara lain sudah beribu km, aku ambil rujukan China sudah membangun 280 ribu km, kita 1000 saja enggak dapat, ini yang aku minta kejar, ada sesuatu yang salah yang harus kita luruskan,” ujar Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta para Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di kabupaten seluruh Indonesia bersinergi dengan pemerintah mengejar ketertinggalan pembangunan infrastruktur.

Baca juga : 2,5 Tahun Jokowi Utang Pemerintah RI Tambah Rp 1.062 T, Kenapa?

“Saya minta seluruh pimpinan DPRD di kabupaten ikut mengawasi jika ada hal yang tidak benar, semoga sanggup kita betulkan dan luruskan,” kata Jokowi.

Sumber : finance.detik.com