Cara Memakai Google Drive (Gdrive)

17 views
Cara Menggunakan Google Drive – Google drive atau gdrive ialah media penyimpanan online yang disediakan oleh google secara geratis. Fungsi dan cara kerja gdrive sama hal nya dengan memori card yakni merupakan daerah penyimpanan file. Namun perbedaan nya ialah gdrive atau google drive hanya sanggup diakses melalu internet (secara online), Google derive juga dikenal dengan sebutan cloud (penyimpanan online) sama menyerupai cloud pada account iphone atau xiaomi yang menyediakan media penyimpanan online. Pagi ini admind akan membuatkan cara memakai google drive “gdrive” secara lengkap supaya masing-masing kita sanggup mengenal grive lebih dalam lagi dan sanggup memanfaatkan kemudahan google yang penuh manfaat ini “gdrive“.

Apa saja yang sanggup disimpan di grive?

G-drive atau google drive sanggup menyimpan banyak jenis file dan bisa menyimpan file dengan jumlah yang banyak, adapun jenis-jenis file yang sanggup disimpan di gdrive adalah:

  1. Foto (JPEG, PNG, GIFT, PSD, BMP, PSB, Pixar, Scitex CT dan banyak lagi)
  2. Video (MPEG, MOV, AVI, ASF, WMP, 3GP, MP4, DV, VCD, DVD dan banyak lagi)
  3. Doc File atau document (Word, Excel, Power Point, Outlook dan banyak lagi)
  4. Software, Apk, Webp, Archive Zip & Rar dan banyak lagi
Apa Manfaat Google Drive atau Gdrive?
Manfaat menyimpan file di gdrive ada banyak sekali, saya akan mencoba mendefenisikan manfaat gdrive menurut category atau kebanyakan orang yaitu:
  • Manfaat gdrive bagi orang awam ialah sebagai wadah untuk menyimpan video atau foto foto berharga yang mempunyai nilai sejarah. File yang disimpan di gdrive sanggup di backup kapan saja dengan kualitas tinggi, gdrive merupakan penyimpanan data yang sangat baik untuk menghindari dari kehilangan file.
  • Manfaat grive bagi pencari kerja ialah sebagai daerah peyimpanan berkas berkas lamaran kerja untuk persiapan melamar kerja online, selain itu menyimpan berkas di google drive sanggup mencegah kehilangan / ketinggalan berkas saat melamar kerja eksklusif di perusahaan alasannya ialah berkas yang disimpan di gdrive sanggup diakses kapan saja dan sanggup eksklusif di cetak / print.
  • Manfaat gdrive untuk mahasiswa / siswa sekolah, untuk menyimpan tugas-tugas kuliah menyerupai skripsi, tesis, disertasi dan lain sebagi nya.
  • Manfaat gdrive bagi pengelola website atau laman blog ialah sebagai media penyimpanan file download. Mengingat harga hosting yang tidak murah maka grive ialah solusi terbaik untuk menyimpan file-file yang menjadi kepentingan situs website anda. Gdrive telah didukung dengan Google Drive Direct Link Generator untuk menciptakan link download sehingga pemirsa situs anda tidak perlu mengakses link orisinil gdrive anda [Lihat Detail]
Bagaimana Cara Membuat Account Google Drive?
Gdrive sanggup diakses melaui account google atau gmail, hanya dengan menciptakan satu account gmail maka banyak produk google yang sanggup di jalan masuk melalui account gmail tersebut termasuk salah satu nya gdrive (google drive). Login ke akun gmail anda kemudian buka google drive login maka gdrive sanggup eksklusif diakses dengan mudah.
Bagaimana Cara Menyimpan File di Gdrive?
  1. Login ke google drive dengan memakai email google, atau
  2. Kunjungi link gdrive https://www.google.com/drive/
  3. Klick Go to Google Drive (menuju dashboard grive)
  4. Klick New dan Pilih File Upload untuk memasukkan file ke gdrive anda
Lihat referensi gambar dibawah ini
 ialah media penyimpanan online yang disediakan oleh google secara geratis Cara Menggunakan Google Drive (Gdrive)
Cara upload file ke google drive – langkah 1
Setelah meng-klick “new” pada dashboard gdrive (google drive) anda maka akan muncul pilihan “file upload” dan “folder upluad” serta beberapa pilihan untuk upload file dari google doc ke grive, lihat referensi gambar dibawah ini untuk melanjutkan meng upload file ke gdrive.
 ialah media penyimpanan online yang disediakan oleh google secara geratis Cara Menggunakan Google Drive (Gdrive)
Cara upload file ke google drive – langkah 2
Kemudian sesudah menentukan file upload > upload from my computer > select / pilih file anda dan tekan open untuk meng upload file ke google drive. Jenis file yang di upload bebas (file apa saja) yang terbaca di komputer anda, lihat gambar berikut ini.
 ialah media penyimpanan online yang disediakan oleh google secara geratis Cara Menggunakan Google Drive (Gdrive)
Cara upload file ke google drive – langkah 3
Kamu sanggup mengunggah banyak file dengan sekali upload, select / pilih beberapa file yang di perlukan untuk menggunggah file anda sekaligus atau pilih folder upload jikalau di perlukan.
Nah gampang bukan,,,,! kini kau sudah berhasil meng upload foto, berkas lamaran dan lainnya ke google drive, bagaimana jikalau kita lanjutkan ke cara mengunduh nya kembali dari google drive ke komputer anda atau mencetak / print file dari google drive? masih betahkan membaca tutorial cara memakai google drive ini.
Unduh / Cetak / Print File dari Google Drive
  1. Kembali ke google drive login
  2. Anda akan eksklusif melihat file-file yang telah anda upolad ke google drive
  3. Select / double klick atau klick 2 kali pada file yang akan di unduh atau di cetak (print file google drive)
Lihat referensi di bawah ini
 ialah media penyimpanan online yang disediakan oleh google secara geratis Cara Menggunakan Google Drive (Gdrive)
Cara cetak / print dan download file dari google drive
Keterangan:
  • Untuk menampilkan file secara utuh / lebar, double click pada file (2 kali klick beruntun dan secara cepat pada file di gdrive)
  • Jika anda ingin mencetak / print file dari google drive maka tekan logo print menyerupai terlihat pada referensi diatas, dan
  • Jika anda ingin mengunduh file dari google drive maka tekan tombol download

Bagaimana Cara Membagikan File dari Google Drive?
Untuk menshare / membagikan file dari gdrive anda ke orang lain atau kerabat maka silahkan kembali ke dashboard gdrive kemudian select / pilih file kemudian akan muncul tombol untuk menampilkan link share file menyerupai referensi berikut ini. 
 ialah media penyimpanan online yang disediakan oleh google secara geratis Cara Menggunakan Google Drive (Gdrive)
Cara share link file google drive – langkah 1
Kemudian setting share link file google drive anda supaya sanggup di jalan masuk oleh banyak orang (publik), metode ini juga berkhasiat untuk anda jikalau ingin mencetak file / print file gdrive di warnet atau toko fotocopy. Jika memakai komputer sendiri anda bisa eksklusif mencetak nya menyerupai yang saya contohkan sebelum nya. Akan tetapi jikalau mencetak file gdrive melalui komputer orang lain cukup berikan link share file gdrive anda saja, sehingga anda tidak perlu login di komputer mereka untuk menghindari pencurian akun google anda. Begini kelanjutan cara setting share link file google drive!
 ialah media penyimpanan online yang disediakan oleh google secara geratis Cara Menggunakan Google Drive (Gdrive)
Cara share link file google drive – langkah 2
Pada langkah diatas sebenar nya link share file google drive sudah sanggup di copy atau di ambil untuk dibagikan ke publik (ke banyak orang). Agar lebih puas maka lihat juga sharing settings menyerupai gambar dibawah ini.
 ialah media penyimpanan online yang disediakan oleh google secara geratis Cara Menggunakan Google Drive (Gdrive)
Cara share link file google drive – finish
Copy link file gdrive anda dan biarkan status nya “Anyone with the link can view”, maksud nya semua orang sanggup melihat file link tersebut tetapi tidak sanggup mengedit/merubah nya. Terakhir tekan done (selesai).

Mengenal Lebih Jauh Tentang Google Drive

Mungkin sebagian kau bertanya-tanya seberapa besar kapasitas penyimpanan online gdrive yang disediakan google secara geratis bagi para user atau pengguna akun google. Kapasitas penyimpan online (cloud storage) google drive yang di geratiskan ialah sebesar 15GB (Giga Byte) atau setara dengan 15000MB. Bayangkan saja memori smartphone anda dengan besar kapasitas penyimpanan yang sama sanggup menampung berapa banyak file. Di-era smartphone (Android) gdrive mengambil peranan besar sebagai pem backup / pencadangan file, contact dan sebagai-nya.
Sedikit saya ceritakan pengalaman saya memakai google drive (gdrive), pernah saat hendak mengusrus kartu kuning (kartu pencari kerja) saya meninggalkan fotocopy ijazah saya, akhir nya kartu kuning tidak sanggup di urus jikalau tanpa fotocopy ijazah padahal jarak rumah saya dengan kantor kelurahan sangat jauh sekali. Akan tetapi alasannya ialah saya menyimpan hampir semua dokument di google drive saya tidak perlu kembali untuk mengambil nya. Buka google drive copy link share nya dan tinggal print di warnet terdekat, practice bukan?
Berkas lamaran kerja lengkap juga saya siapkan (simpan) di google drive untuk jaga-jaga jikalau ada yang kasi lowongan kerja tinggal print lewat google drive dan yang lebih seru nya lagi saya memakai google drive untuk berburu lowongan kerja online (melamar kerja online). Saya fikir demikian saja klarifikasi saya perihal “Cara Menggunakan Google Drive (Gdrive)“, kau sanggup mengikuti jejak saya memakai google drive untuk memudahkan / kepraktisan mengurus sesuatu.