Cara Buat Website Gratis Di Google Sites

43 views
Cara buat website gratis di google sites – Google menyediakan platform khusus untuk membuat website secara gratis yaitu google sites. Google sites dirancang lebih gampang dalam penggunaan nya (membuat situs web) dan mengakibatkan google drive sebagai web hosting / file hosting situs website yang di buat dari google sites. Pengalaman yang gres akan anda rasakan dikala menciptakan situs web (website) di google sites alasannya yaitu google sites akan menciptakan anda mencicipi sensasi punya hosting sendiri (seperti menciptakan website dengan self hosting).

Dan, tutorial ini akan membantu anda dalam menciptakan situs web gratis di google sites secara detail/komplit, meskipun bahu-membahu saya meyakini siapa saja sanggup menciptakan website sendiri dengan gampang menggunakan platform google sites ini. Mari kita simak panduan cara buat website gratis dari google sites berikut ini.

Cara Membuat Website Dari Google Sites

  1. Pertama kunjungi link https://sites.google.com/, kemudian
  2. Login / masuk memakai akun google (G-mail)
  3. Klick “Buat / Create” dan pilih “In new sites” untuk menciptakan situs web

Lihat teladan gambar berikut ini.

Cara buat website gratis di google sites Cara Buat Website Gratis di Google Sites
Cara buat website gratis di google sites

Langkah Selanjutnya Membuat Website Dari Google Sites

Setelah melewati langkah diatas, kau akan diarahkan ke dashboard google sites (laman untuk menciptakan situs), ikuti panduan lengkap nya dibawah ini.

  • Buat “Nama Situs Web” dan tambahkan logo kalau diperlukan
  • Ganti gambar spanduk header situs atau lewati langkah ini (spanduk / barner header sanggup di setting belakangan)

Lihat teladan berikut ini

Cara buat website gratis di google sites Cara Buat Website Gratis di Google Sites
Cara buat website gratis di google sites – gambar 2

Kemudian klik “Publikasikan” pada sajian kafe atas dashboard google sites dan buat “url situs (alamat situs)” tanpa spasi dan memakai abjad kecil semua ibarat terlihat pada gambar berikut.

Cara buat website gratis di google sites Cara Buat Website Gratis di Google Sites
Cara buat website gratis di google sites – gambar 3

Keterangan:

  • Jika url situs tersedia maka akan terlihat tanda “Benar / centang” di samping nya, itu mengatakan bahwa url (alamat situs) sanggup digunakan.
  • Setelan Penelusuran – Jangan di centang atau biarkan kotak centang kosong semoga situs sanggup di telusuri oleh mesin penlusur (Bisa dilihat / ditemukan dilaman pencarian google)
  • Selanjut nya klik “Publikasikan” untuk menciptakan situs.

Pada tahap ini situs web sudah final di buat namun masih berbentuk laman kosong dan hanya terlihat logo, nama situs dan barner situs saja. Agar situs web benar-benar rampung saya telah menyediakan tutorial buat website gratis dari google sites tahap selanjut-nya yakni;

  1. Membuat sajian navigasi pada situs web google sites
  2. Membuat konten situs google sites “text ,video, slide, document dan map”
  3. Membuat footer situs web via google sites

Kelebihan Membuat Website via Google Sites

Ketika hendak menciptakan situs web sudah seharus nya kita mengenal keutamaan atau kelebihan palfom / hosting yang akan kita gunakan ibarat Google Sites misalnya, kelebihan menciptakan website dari google sites adalah; platform google sites merupakan produk google sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai problem peng-index-an situs yang dibentuk dari google sites, ibarat g-plus dan youtube teladan nya post yang diterbitkan pada sosial media g-plus dan youtube lebih cepat ter index oleh penelusur google dibandingkan platform lainnya, selain itu masih ada beberapa kelebihan lagi dari google sites.

  1. Gratis (membuat website di google sites tidak dipungut biaya apapun alias free)
  2. Mudah dipakai (siapa saja sanggup menciptakan situs web dari google sites)
  3. Tampilan situs / Theme google sites sangat propesional, modern dan elegant
  4. Support add file (gambar, video, slide, upload document) dari banyak jenis platform google “G-drive, youtube, google doc, google photos dll”.
Nah, demikian klarifikasi saya dan tutorial cara buat website gratis di google sites, ikuti terus perkembangan situs kami dengan cara mem follow situs melalui e-mail anda dan dapatkan pemberitahuan mengenai cara-cara menciptakan website geratis dari google sites dan blogger. Semoga ini bermanfaat dan menambah pengalaman serta pengalaman kita perihal situs web / website dan cara menciptakan nya, Good luck for you.