Cara Buat Formulir Lowongan Kerja Online

14 views
Cara Buar Formulir Lowongan Kerja Online Via Google Forms – Apa itu google forms? Google forms ialah merupakan sebuah produk (platform google) yang di gunakan untuk menciptakan formulir, menciptakan survey, kuis atau sanggup juga untuk menciptakan perencanaan program dan formulir lowongan kerja online. Nah, pada kesempatan kali ini aku akan membagikan tutorial cara menciptakan form lowongan kerja (Formulir Lowongan Kerja Online) via Google Forms atau Google Docs.

Bagaimana cara menciptakan formulir lowongan kerja online dengan google forms? Perusahaan yang mempunyai situs website umum nya akan menciptakan form registrasi yang sanggup di kanal melalui internet (besbasis online) bagi para pencari kerja di situs mereka. Salah satu cara yang paling gampang untuk menciptakan formulir lowongan kerja online ialah dengan memakai google forms “google docs”. Ikuti langkah langkah cara menciptakan form lowongan kerja online (loker online) berikut ini.

Cara Membuat Formulir Lowongan Kerja Online Via Google Forms

  1. Login ke Gmail Anda
  2. Buka Google Docs atau Google Forms
  3. Pilih Template Formulir Loker Online “Party Invite“.
  4. Isi Pertanyan-pertanyaan yang akan di ejekan kepada pelamar
  5. Lihat pola formulir lowongan kerja “Klick” Lihat Detail

Mengenal Fitur fitur Google Forms

Untuk menciptakan atau mengedit formulir lowongan kerja online via google forms anda harus mengenal terlebih dahulu kemudahan (fitur) yang ada pada google forms. Pastikan anda telah menentukan template “Party Invite” sebagai layout yang dipakai untuk formulir loker online anda. Buat header formulir terlebih dahulu misal “Nama Perusahaan Anda” menyerupai pola di bawah ini
Cara Buar Formulir Lowongan Kerja Online Via Google Forms Cara Buat Formulir Lowongan Kerja Online
Cara Buat Formulir Lowongan Kerja Online Via Google Forms
Kemudian tambahkan pertanyaan pertanyaan umum seputar lamaran kerja, menyerupai Nama, Almata, Ijazah Terakhir, Posisi yang akan di lamar dan lain-lain dengan tunjangan fitur fitur google forms.
  1. Tanda  untuk menambahkan pertanyaan baru
  2. Tanda Tt atau Text untuk menambahkan text atau paragraf menyerupai terlihat pada pola gambar diatas.
  3. Tanda  untuk menambahkan gambar pada formulir
  4. Tanda   untuk menambahkan video pada formulir, dan
  5. Symbol = untuk menambahkan section gres atau lembar gres dengan tombol next
Ketika Anda menambahkan pertanyaan pada formulir lowongan kerja online dengan meng klick tanda + maka akan muncul kolom pertanyaan dan jenis pertanyaan menyerupai Multiple choice, Chekboxes, Dropdown, Short Answer, Tanggal dan waktu. Seperti terlihat pada pola berikut ini kemudian silahkan pilih type pertanyaan dan isi kolom dengan pertanyaan yang sesuai untuk pelamar kerja.
Cara Buar Formulir Lowongan Kerja Online Via Google Forms Cara Buat Formulir Lowongan Kerja Online
Cara Buat Formulir Lowongan Kerja Online Via Google Forms
Keterangan:
  • Short answer dan mode Paragraf ialah untuk menciptakan pertanyaan pada form registrasi yang tanggapan nya di ketik sendiri oleh pelamar.
  • Multiple choice ialah fitur untuk menciptakan pertanyaan pilihan yang tanggapan nya sudah di sediakan dengan dan akan dipilih oleh pelamar kerja.
  • Chekboxes sama hal nya dengan Multiple choice, pelamar cukup mencentang kotak pilihan untuk menjawab.
  • Dropdown, Gunakan fitur dropdown untuk menayakan “lulusan sekolah” atau “jenis kelamin”.
  • File Upload, fitur file upload di gunakan untuk meminta pas photo atau scan ktp pelamar.
  • Date, Fitur date sanggup dipakai untuk menanyakan tanggal/bulan dan tahun lahir pelamar.
Agar formulir lowongan kerja yang anda buat lebih propesional, silahkan lihat pola formulir lowongan kerja online yang telah aku buat sebagi pola untuk memandu anda dalam menciptakan form loker online dengan google forms. Lihat Detail
Demikian lah tutorial cara menciptakan formulir lowongan kerja online via google froms. Selain sanggup dipakai untuk menciptakan form loker online, Google forms juga sanggup di gunakan untuk kepentingan situs website atau blogger seperti, menciptakan survey, permintaan program dan formulir-formulir lainya. Semoga artikel ini bermanfaat dan mempunyai kegunaan buat anda yang sedang mengunjungi situs ini.
Oh iya, sehabis mencar ilmu cara menciptakan formulir lowongan kerja online kenapa tidak sekalian saja pelajari juga cara mempublikasikan/mengirim formulir lowongan online dan cara embed formulir dari google forms ke website atau blog anda. Lanjut dikit lagi ya…!

Cara Mengirim atau Embed Google Forms

Bagaimana cara mengirim formulir dari google forms? sehabis formulir selesai di buat maka tekan tombol SEND untuk mengirim nya via email atau dengan link saja. Sedangkan untuk embed atau cara memasuk kan formulir dari google forms ke situs blog atau website tekan tombol send dan klick tanda embed “< >” untuk mengambil instruksi embed kemudian masuk kan ke laman website anda dengan mode html, sesuaikan tinggi dan lebar formulir sesuai dengan ukuran situs anda. Lihat pola gambar di bawah ini.
Cara Buar Formulir Lowongan Kerja Online Via Google Forms Cara Buat Formulir Lowongan Kerja Online
Cara Embed Google Forms
Untuk formulir loker online dengan File Upload tidak sanggup di embed atau di masuk kan ke situs website, hilangkan file upload semoga formulir yang sudah dibentuk sanggup di embed ke laman web / blog kamu. Baiklah, kini kita sudah benar benar selesai menciptakan formulir lowongan kerja online dengan google docs atau google forms. Bahkan hingga ke metode “cara embed google forms ke situs blog/website”, aku kita ini sudah cukup dan good luck for you!