Blogging: Penentuan Langkah Awal Membangun Situs Blog Sampai Sukses

Diposting pada 5 views
BloggingMembuat Blog bukanlah sesuatu yang sulit, namun tanpa mengetahui langkah dan seni administrasi blogging kau mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan situs blog yang telah di buat. Makara disini saya akan mencoba membuatkan tips-tips ngeblog dimulai dari menentukan langkah awal dan tujuan ngeblog hingga seni administrasi sukses biar situs blog bisa berkembang dan menghasilkan (uang, peluang bisnis maupun popularitas).

Setiap orang mempunyai tujuan tersendiri dalam melaksanakan acara blogging atau ngeblog dan yang paling banyak memotivasi mereka untuk ngeblog mungkin ialah uang, hobby dan popularitas, namun tidak banyak yang menyadari bahwa peluang bisnis juga bisa didapatkan dari blogging “Belajar blogger“.

Sekarang coba pikirkan dan tentukan tujuan utama anda dalam mendalami ilmu blogging karena itu akan menambah spirit atau semangat gres untuk mendalami ilmu blogging, bila sudah ditemukan mari kita lanjutkan membaca artikel ini.

Langkah awal yang paling menentukan dalam membagun situs blog ialah dengan mengenali dasar-dasar blogging dan membuat perencanaan yang matang serta memikirkan seni administrasi apa yang akan kita lakukan untuk terus mengembangkan situs blog hingga mempunyai kelas tersendiri di kalangan blogger lainnya, Mari kita simak persiapan apa saja yang harus kita siapkan untuk memulai blogging dan apa saja yang harus kita pahami wacana blogging.

Perencanaan dan Strategi Membangun Situs Blog

  1. Tentukan konsep dan niche web yang akan menjadi konten unggulan nantinya
  2. Pikirkan dan tentukan merek atau judul situs yang sesuai dengan niche dan mempunyai abjad yang berpengaruh dan unik
  3. Kenali Support atau Fitur Pendukung (Ekstensi Domain, Hosting dan Design)
  4. Buat konten berkualitas dan bermanfaat
  5. Pelajari Cara Mempromosikan Blog
  6. Kuasai dan pelajari SEO secara perlahan
  7. Jeli Melihat Peluang & Sukses

1. Menentukan Merek/Brand Situs

Memilih dan memutuskan merek atau judul situs web merupakan langkah awal sekaligus lompatan besar yang menentukan rating situs di laman hasil penelusuran (serp). Keunikan kata kunci pada header/judul situs secara otomatis akan memformat ulang nilai persaingan di laman hasil pencarian google menjadi 0% sehingga besar kemungkinan situs blog muncul di urutan teratas dengan keyword header/merek/judul situs, benarkah demikian?

Teorinya sederhana, bila pada suatu komunitas terdapat tiga nama yang sama persis maka secara otomatis kita akan mengenali mereka dengan name1, name2 dan name3. Begitu pula sebuah halaman web (website), Judul situs dengan kata kunci yang unik (unique keyword) akan menjadi identitas tunggal situs web.

Contoh konkret situs yang mempraktekkan hal tersebut “Menentukan judul situs yang mempunyai abjad yang berpengaruh dan unik” ialah situs “Hipwee” dan “Borisinil“. Nyaris tidak ada situs web dari perusahaan lain maupun blog individu yang bisa menjatuhkan brand/merek mereka.

2. Niche (Konten Unggulan)

Di dunia blogging “niche” merupakan istilah yang menggambarkan jenis atau kategori dan abjad situs. Setiap situs blog umumnya memiliki niche khusus yang menjadi konten unggulan. Niche biasanya dirancang semenjak awal perencanaan pembuatan website dan bisa juga terbentuk secara otomatis.

– Niche Yang Ditentukan (Direncanakan)

Menentukan niche situs sebaiknya dilakukan di awal-awal pembuatan website bahkan sebelum menentukan judul situs web lantaran niche akan menjadi konten unggulan di situs blog dan kau harus benar-benar menguasai niche yang telah kau pilih/tetapkan.

Itu sebabnya pada table of content (T.O.C) di atas merencanakan dan menentukan niche situs web saya menetapkan pada urutan teratas “no 1” (di awal-awal perencanaan pembuatan situs blog). Dan untuk menetapkan/mengaplikasikan niche tersebut, pemilik situs blog harus menyesuaikan judul, domain, dan deskripsi situs.

– Niche Otomatis

Niche Otomatis ialah niche yang terbentuk dengan sendirinya, faktor yang paling berpengaruh mempengaruhi niche situs web ialah merek/judul situs dan url atau domain situs web itu sendiri. Contoh paling erat untuk memahami niche otomatis ialah situs blog ini, Judul: Tukang Listrik Batam dan Url: tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com, maka

Secara otomatis yang menjadi konten unggulan situs ini adalah, wiring diagram, listrik, jasa, dan niche yang berkaitan dekat. Hal itu disebabkan keterkaitan konten dengan judul situs dan deskripsi sangat kuat.

Sedangkan niche yang di buat sendiri atau sudah ditentukan sebelum membuat blog harus diubahsuaikan dengan judul situs dan di aplikasikan melalui meta description atau deskripsi situs blog, misalnya: “Blog wacana SEO (search engine optimization) dan online make money”.

Niche inilah nantinya yang akan memperlihatkan nilai lebih terhadap situs dan yang paling cepat meningkatkan reputasi atau “PageRank” situs web di laman hasil penelusuran google. Jika dilihat secara skematik niche yang menjadi konten unggulan merupakan perancah terbaik untuk meningkatkan reputasi/rating situs web di search engine, lihat ilustrasi skematik situs web berikut ini;

 namun tanpa mengetahui langkah dan seni administrasi blogging kau mungkin akan mengalami kesulita Blogging: Penentuan Langkah Awal Membangun Situs Blog Hingga Sukses
Skematik Web/Blog

Niche yang paling manis untuk membangun situs blog ialah niche yang satu kategori dengan bidang yang kau kuasai. Beberapa situs mungkin sudah terlanjur dibentuk tanpa perencanaan yang matang sehingga tidak mempunyai reputasi yang baik di pencarian google, solusi terbaik untuk meningkatkan reputasi situs di halaman pencarian google ialah dengan mengenali niche situs web dan memperbanyak konten/artikel yang berkaitan dengan niche tersebut.

3. Support (Pendukung Situs Web)

Mengenali semua aspek yang mendukung kinerja situs tidak kalah penting dari semua yang telah dijelaskan diatas lantaran ini menyangkut kinerja dan performa situs blog yang kita bangun. Tidak usah jauh-jauh kita mulai dari 3 pecahan terpenting saja.

– Ekstensi Domain

Ekstensi Domain seperti (.com, .co.id, .net, .org, .web, dll) dalam ilmu jaringan dan komputer mempunyai sifat, nilai dan kategori khusu yang memperlihatkan identitas/klasifikasi suatu alamat “url situs” misalnya;

Ekstensi domain “.com” yang berarti commercial atau komersil (ditujukan untuk website bisnis secara umum baik perusahaan atau blog individu) dan ekstensi domain “sch.id” (ditujukan untuk website sekolah indonesia).

Makara pemilihan ekstensi domain juga mengambil pecahan penting dalam menentukan tujuan dan mempengaruhi niche situs blog. Dalam pengertian sederhana “ekstensi domain” yang sempurna dan sesuai dengan niche situs juga mempengaruhi “menambah nilai lebih” dalam menentukan golongan situs dan meningkatkan reputasi situs web itus sendiri.

– Hosting

Pengguna blogger mungkin tidak perlu lagi memikirkan hosting, namun situs web yang menyewa hosting di daerah lain perlu memertimbangkan “memilih” hosting yang bisa menunjang kinerja situs web secara maksimal.

– Theme/Web Design

Bagian ini bekerjsama ditujukan untuk pengguna atau audiens, design situs web yang ramah dan gampang dipahami memperlihatkan kenyamanan dan lebih disukai oleh pengguna, pilihlah design atau template yang simple dan mobile friendly untuk menunjang kepopuleran situs web dan pastikan situs mempunyai navigasi yang terperinci untuk pengguna dan mesin telusur.

4. Buat Konten Berkualitas dan Bermanfaat

Konten merupakan isi situs web/blog yang mempunyai nilai jual dan daya tarik untuk mendatangkan banyak pengunjung ke situs blog. Aset yang paling berharga dari sebuah situs blog ialah konten lantaran tanpa konten situs blog hanyalah sebuah nama saja ibaratnya sebuah toko kosong yang bernilai. Maka dari itu pastikan situs blog diisi dengan konten original yang berkualitas, menarik dan bermanfaat supaya mendatangkan banyak pengunjung situs blog.

– Apa yang dimaksud dengan konten berkualitas dan bermanfaat?

Yang dimaksud dengan konten berkualitas dan bermanfaat ialah konten yang berisi informasi yang benar, bersifat menunjukan serta mengandung nilai wawasan dan pengetahuan.

Dengan memperbanyak konten berkualitas dan bermanfaat, situs blog akan lebih cepat berkembang dan lebih gampang menarik minat pembaca untuk terus kembali mengunjungi situs. Selain itu konten berkualitas juga senjata utama untuk mendapat backlink dari situs web lain dan itu sangat berkhasiat untuk menaikkan PageRank situs di mesin telusur.

5. Pelajari Cara Mempromosikan Blog

Saya pikir “PR” terbesar para blogger pemula ialah memikirkan wacana bagaimana cara mempromosikan situs dan konten blog. Jika bersedia mengeluarkan banyak uang memang gampang saja untuk mempromosikan blog, tapi tentunya saya tidak ingin berbicara soal uang disini lantaran alternatif lain masih ada untuk mempromosikan blog tanpa mengeluarkan banyak uang, itu sebabnya saya memakai kata “Membangun dan Mengembangkan Blog“.

  1. Beritahukan kepada keluarga wacana situs blog anda dan libatkan mereka dengan cara meminta saran dan kritikan, tujuannya biar mereka selalu meninjau situs blog anda.
  2. Promosi dari lisan ke mulut, sesudah keluarga yang harus kita libatkan ialah kerabat (teman sekolah, tetangga dan lingkungan sekitar)
  3. Manfaatkan sosial media mirip facebook, twitter dan lainnya (Bangun komunitas blog anda melalui fanspage atau share konten ke group-group facebook)
  4. Gunakan Email-list (Widget Berlangganan Melalui Email) untuk menjaring sebagian visitor situs biar mereka kembali mengunjungi situs blog dikala anda mempublikasikan konten baru.

Selain dari 4 poin diatas, teknik promosi blog yang paling efektif ialah dengan SEO (Search Engine Optimization), bila itu dikuasai maka kau tidak pusing lagi memikirkan bagaimana cara mempromosikan konten dan situs blog.

6. SEO (Search Engine Optimization)

Pentingkah Belajar SEO? Ya tentu saja, lantaran SEO merupakan pecahan terpenting untuk mengembangkan dan meningkatkan PageRank situs dan konten yang ada di dalamnya “video maupun artikel”. Untuk memulai berguru seo “search engine optimization” kau sanggup memulainya dari yang paling dasar saja;

  1. Membuat Konten/Artikel Berkualitas
  2. Riset keyword (melihat volume pencarian keyword dan tingkat persaingan)
  3. Memaksimalkan konten dengan niche unggulan
  4. Memberikan Akses Penuh Ke Perayap (Google, Bing dan Yahoo)
  5. Performa (Memaksimalkan kecepatan situs web)
  6. Membangun Backlink

Khusus pada poin ke 6 yaitu membangun backlink sanggup dipelajari kemudian seiring dengan perkembangan situs dan kemampuan anda dalam membuat konten/artikel.

7. Motivasi Sukses

Jika kau berpikir bahwa blogger yang sukses dikarenakan latar belakang pendidikan yang tinggi sebaiknya buang jauh-jauh pikiran itu lantaran pada kenyataan nya banyak blogger sukses yang mengawali karirnya dari berguru secara belajar sendiri dan tidak pernah kuliah, semuanya diawali dari kemauan yang berpengaruh untuk memulai blogging dan konsisten terhadap apa yang mereka kerjakan.

Ingat, blogger sukses bukan semata-mata lantaran mereka jago dan menguasai ilmu blogging, melainkan konsistensi lah yang membawa “mendekatkan” mereka dengan kesuksesan, tidak sedikit dari mereka yang memulainya dari 0 (nol) “tanpa pengalaman apapun”, bahkan mungkin tidak sedikit pula blogger yang melaksanakan kesalahan di awal-awal menentukan tujuan dan fashion situs blog mereka.

Kesuksesan sejati seorang blogger tidak diukur dari seberapa banyak uang yang didapatkan setiap bulannya dan tidak pula diukur dari seberapa tinggi kepopuleran yang dicapai, melainkan diukur dari bagaimana cara mereka membuat peluang untuk diri mereka sendiri dan seberapa konsistennya anda menjaga kepercayaan audiens.

8. Peluang Bisnis Dari Blogging

Poin kedelapan ini ialah tips bonus sekaligus penentu poin ke 7 di atas, Ketika situs blog yang kita bangkit sudah banyak diminati pengguna dan mempunyai banyak visitor, ada banyak peluang bisnis yang bisa kita temukan di dunia blogging, diantaranya adalah;

  1. Menjadi Publisher Iklan Digital (Adsense dll)
  2. Menjadi Promotor (Mengiklankan sebuah usaha/produk melalui konten artikel)
  3. Menciptakan peluang untuk diri sendiri (Jualan Online, Produk maupun Jasa)
  4. Menjadi penulis bayaran (Content writer)
  5. Membuka kursus blogging untuk bawah umur sekolah, atau
  6. Membuka jasa pembuatan website bila sudah mahir dan masih banyak lagi peluang lainnya yang bisa kau ciptakan dengan blog.

Tahun 2018 sudah banyak transaksi bisnis dan jasa yang memanfaatkan internet “dunia online” bahkan sudah tidak terhitung jumlahnya, Bagaimana dengan 2019 dan seterusnya? Apakah kau masih ingin menjadi pengguna saja? Coba pikirkan…!

Semua peluang diatas hanya bisa kau dapatkan sesudah terjun ke dunia blogging, konsisten membuat konten yang bermanfaat bagi banyak orang dan jeli melihat peluang, Biar makin semangat, nomor 1 hingga 4 bisa kau dapatkan bila kau sudah berhasil membangun situs blog, dan memang kebanyakannya empat poin itu yang akan dipanen oleh petualang blog di awal kesuksesannya.