Beralih Dari Http Ke Https (Penelusuran Aman)

15 views
Beralih dari http ke https (Penelusuran Aman) – Google telah menginformasikan kepada setiap situs semoga memakai pengalihan https / SSL (protokol aman), Tujuannya ialah untuk melindungi pengguna dan situs web itu sendiri. Hyper Text Transfer Protocol Secure atau disingkat menjadi https ialah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna terhadap situs, begitu pula sebaliknya https juga melindungi koneksi pengguna ke situs.

 Google telah menginformasikan kepada setiap situs semoga memakai pengalihan https  Beralih Dari HTTP Ke HTTPS (Penelusuran Aman)
Beralih Dari HTTP Ke HTTPS (Penelusuran Aman)

Nah, pada kesempatan ini saya akan sharing kepada teman-teman blogger mengenai tips2 sehabis beralih dari http ke https (menggunakan) Hyper Text Transfer Protocol Secure sebagai protokol situs. Mengingat banyak nya keluhan teman2 blogger di group facebook yang kata nya traffick anjlok atau menurun drastis sampai artikel yang jadi tidak terindex sehabis beralih ke https (protokol aman).

Apakah benar demikian? Jawaban nya tentu saja tidak alasannya https justru memperlihatkan manfaat baik terhadap kinarja situs (menambah seo situs) apalagi kedepan nya google akan memprioritaskan situs dengan protokol kondusif (https) dibandingkan http saat mengindeks sebuah situs web. Makara sebaiknya sahabat blogger jangan ragu untuk mengganti protokol situs http menjadi https (protokol aman)

Cara Menerapkan HTTPS Pada Situs Blog

  1. Login ke Blogger pilih Setelan
  2. Setelan Dasar, Kemudian
  3. Aktifkan Pengalihan HTTPS pilih “Ya”

Lihat teladan gambar dibawah ini

 Google telah menginformasikan kepada setiap situs semoga memakai pengalihan https  Beralih Dari HTTP Ke HTTPS (Penelusuran Aman)
Cara menerapkan https di blogger

Setelah mengaktifkan https silahkan simpan pengaturan dan selesai…!

Catatan: Proses pergantian http ke https di index google mungkin akan memakan waktu yang beberapa hari (satu ahad bahkan lebih) tergantung banyak nya artikel yang telah dipublish situs blogger tersebut.

Meskipun bahwasanya https menambah seo atau efek baik terhadap situs dan tidak menjadikan penurunan rating artikel (konten) situs pada index google, sebaiknya ikuti tips / langkah-langkah berikut ini sehabis mengaktifkan pengalihan https (protokol aman).

  • Ganti semua http yang ada di dalam template menjadi https,
  • Perbaharui robots.txt khusus, pada bab sitemap tambahkan https di url situs,
  • Submit ulang url situs pada webmaster tool (search console) dengan memakai https,
  • Submit ulang sitemap.xml di search console dan lakukan Fetch as Google untuk meminta perayapan (crawl).

Setelah menambahkan property redirect https dan submit sitemap.xml di search console, apakah property http harus dihapus untuk mempercepat pergantian index google ke https? Jawabannya tentu saja tidak perlu (boleh dihapus boleh juga tidak), saya sendiri menentukan tidak menghapus property http di search console dengan alasan untuk memantau satistic pergantian index google dari http ke https, meskipun nanti sehabis google rampung mengindex situs ke https 100%, property http akan dihapus juga.

 Google telah menginformasikan kepada setiap situs semoga memakai pengalihan https  Beralih Dari HTTP Ke HTTPS (Penelusuran Aman)
Proses pergantian index google dari http ke https

Gambar diatas memperlihatkan proses pergantian http ke https, secara perlahan semua konten yang sebelumnya di index melalui http akan hilang dari index google dan digantikan dengan index dengan https. Mungkin di perkirakan situs saya akan membutuhkan waktu 1 ahad untuk sepenuh nya rampung di index dengan https oleh google.

Jika memungkinkan bagi kau maka sehabis beralih ke https, ubah pula semua link terkait didalam artikel menjadi https, tujuan nya untuk mempercepat proses pergantian index google dari http ke https, tapi jikalau tidak memungkinkan karna sudah terlalu banyak artikel atau situs memakai link nofollow maka abaikan saja langkah ini.

Pertanyaan Terkait Setelah Beralih Ke Https

Apakah situs ini mengalami penurunan traffic seletah meng-aktifkan https?

Jawab: Tidak sama sekali traffic situs terasa normal meskipun dalam masa pergantian index google dari http ke https.

Apakah artikel mengalami penurunan rating dilaman hasil penelusuran google sehabis mengaktifkan https?

Jawab: Tidak, saya selalu memantau keberadaan konten saya dilaman hasil pencarian dan memantau keyword yang menuju ke situs ini, semua nya terlihat normal dan baik saja.

Apakah situs mempunyai kinerja yang lebih baik sehabis mengaktifkan penelusuran kondusif (https)?

Jawab: Saya belum sanggup memastikan, akan tetapi saya sangat yakin kinerja situs akan lebih baik sehabis beralih ke https.

Demikian saja sharing pengalaman wacana meng-aktifkan https di blogger “Beralih dari http ke https (Penelusuran aman)” Saya harap artikel ini bermanfaat dan sanggup dijadikan pedoaman / pertimbangan untuk beralih ke penelusuran kondusif atau redirect https. Sampai jumapa kembali dan jangan lupa Follow situs “tukang listrik batam” untuk mendapat gosip seputar blogging, electrical dan tips-tips menarik lainnya.