berita terbaru covid-19
Pemerintah

Menyimak Berita Terbaru Covid-19

Virus Corona merupakan salah satu virus yang menyerang bagian pernapasan manusia. Nama penyakit dari penderita atau seseorang yang terinfeksi virus ini disebut Covid-19. Keberadaan virus corona yang awalnya berada di Kota Wuhan, China kini telah meluas sampai ke berbagai negara di dunia. Bahkan jumlah negara yang telah terindikasi tersebar virus ini mencapai lebih dari 200 negara. Adapun akibat yang ditimbulkan dari virus ini ialah gangguan ringan pernapasan, infeksi saluran pernapasan dan paru-paru berat sehingga tidak menutup kemungkinan menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, perlu anda ketahui dengan pasti mengenai bagaimana gejala awal dan cara menghindari atau cara mengobati setelah terkena paparan virus ini. Berikut di bawah ini terdapat sedikit ulasan mengenai berita terbaru covid-19 yang bisa Anda ketahui.

Update Berita Penambahan dan Persebaran Virus Corona

berita terbaru covid-19

Sampai dengan saat ini, sebaran virus corona dan jumlah penderitanya tercatat semakin bertambah. Khususnya di Indonesia, sudah terkonfirmasi mencapai 40.000 lebih kasus positif, 2000 lebih kasus meninggal dunia dan sekitar 15.000 jiwa yang berhasil diselamatkan. Informasi atau berita terbaru covid-19 ini dapat Anda ketahui dengan mudah melalui situs website resmi covid-19 atau https://wasabicary.net sehingga Anda bisa update setiap hari tentang perkembangan kondisi dan persebaran virus ini. Disamping itu, siaran berita televisi dan radio setiap harinya juga mengkonfirmasi penambahan kasus serta wilayah persebarannya serta tetap menghimbau masyarakat agar berada dirumah guna mematuhi peraturan demi kebaikan bersama.

Berita Terbaru Covid-19 dan Keputusan Pemerintah Dalam Menghadapinya

berita terbaru covid-19

Himbauan untuk bekerja dari rumah (work from home) memang tidak bisa secara maksimal terlaksana di seluruh lapisan masyarakat Indonesia, maka penting untuk Anda ketahui mengenai protokol kesehatan yang harus tetap diterapkan ketika menjalankan aktivitas sehari-hari. Menggunakan masker, jaga jarak minimal 1 meter, kerap mencuci tangan selama kurang lebih 40 detik atau menggunakan hand sanitaizer merupakan langkah awal pencegahan yang bisa Anda lakukan ketika terpaksa bepergian atau melaksanakan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan dari rumah. Hal ini mungkin telah berhasil diterapkan dan menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, namun terdapat juga sejumlah orang yang tidak menghiraukan atau sama sekali tidak mempedulikan terhadap kondisi dan persebaran virus corona.

Keputusan work from home mulai ditetapkan sekitar pertengahan Maret lalu, semenjak dua orang indonesia dinyatakan positif terkena virus Corona. Sampai saat ini, karantina atau work from home telah berjalan kurang lebih 2 bulan, sampai-sampai sebagian masyarakat melewati bulan ramadhan dan hari raya dengan nuansa yang berbeda yakni tanpa kehadiran anggota keluarga yang berasal dari luar daerah, mengingat mudik merupakan suatu hal yang dilarang agar mata rantai persebaran virus corona tidak semakin meluas. Berita terbaru covid-19 setelah hampir 3 bulan tidak kunjung mengalami penurunan, maka pemerintah menetapkan kebijakan baru yakni new normal atau biasa juga disebit sebagai PSBB (pembatasan sosial berskala besar) transisi di kawasan DKI Jakarta. Keputusan ini diambil tidak terlepas dari berbagai tujuan dalam segala aspek kehidupan, seperti semakin lesunya tingkat perekonomian negara sehingga mulai dibuka kembali atau diizinkannya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk kembali dibuka.

Pembukaan kembali tempat wisata dan beberapa sektor ekonomi kreatif penunjang devisa negara tidak terlepas dari beberapa syarat khusus, hal ini diperuntukkan demi kepentingan dan kebaikan bersama. Seperti misalnya kawasan yang telah dinyatakan sebagai zona hijau boleh kembali membuka tempat wisata dan kegiatan lainnya dengan tetap menerapkan upaya pencegahan dan protokol kesehatan. Mengenai berita terbaru covid-19 tentang hal ini, pihak pengurus tempat wisata bisa mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan pemerintah daerah, selanjutnya mereka akan mengajukan ke pemerintah pusat mengenai keputusan disetujui atau tidak. Jika memang suatu wilayah memungkinkan untuk membuka kembali tempat wisata dan beberapa sektor ekonomi lainnya, maka tidak menutup kemungkinan juga sekolah serta lembaga akademisi lainnya bisa kembali memulai aktivitasnya seperti biasa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti wajib mengecek suhu tubuh, menggunakan masker, jaga jarak dan kerap mencuci tangan.

Sedangkan wilayah yang masih menempati zona merah atau masih tergolong kawasan berbahaya, maka seluruh kegiatan tatap muka masih tetap dikakukan secara daring sampai kondisi benar-benar kondusif dan membaik. Dilansir dari keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim belum lama ini telah menyatakan bahwa kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan secara daring. Sama halnya dengan sistem pendaftaran sekolah ataupun kelulusan  mulai dari tingkatan SD sampai dengan Mahasiswa sekalipun. Beliau menyatakan bahwa tahun ajaran baru 2020/2021 tetap berjalan seperti biasanya yakni Bulan Juli, namun bentuk kegiatan belajar mengajar masih daring atau menyesuaikan dengan keadaan. Kemungkinan besar sekolah dan berbagai kegiatan akademik tatap muka akan kembali dilakukan sampai kondisi dinyatakan telah benar-benar aman dan kondusif atau rendah akan kasus penularan yakni pada tahun 2021 mendatang.

Itulah beberapa informasi atau berita terbaru covid-19 di beberapa aspek atau bidang kehidupan, khususnya di Indonesia. Jika Anda menginginkan pembaruan atau update terbaru seputar covid-19, maka Anda bisa mengunjungi website resminya setiap hari. Disamping itu, Anda juga bisa mengetahui melalui siaran Televisi atau Radio di rumah Anda. Tidak hanya Indonesia, melainkan berita seputar covid-19 di beberapa negara tetangga juga bisa Anda akses dengan mudah pada saat ini.